Bapak, Ibu, yang saya hormati, saya dan Pak Mahfud punya tiga janji. Taat kepada Tuhan, patuh kepada hukum dan keadilan, dan setia kepada rakyat
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa dia bersama calon wakil presiden Mahfud Md memiliki tiga janji saat memberikan pernyataan penutup dalam debat terakhir Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Bapak, Ibu, yang saya hormati, saya dan Pak Mahfud punya tiga janji. Taat kepada Tuhan, patuh kepada hukum dan keadilan, dan setia kepada rakyat," kata Ganjar dalam debat terakhir Pilpres 2024 yang dilaksanakan di Balai Sidang Jakarta, Minggu malam.

Ganjar mengatakan bahwa penyampaian janji tersebut dilakukan setelah mendengarkan dengan baik yang disampaikan oleh rakyat.

Selain itu, Ganjar juga menyampaikan tiga catatan dari masyarakat yang telah diterima oleh dirinya dan Mahfud.

"Pertama, bangsa ini sering sekali dikecewakan oleh para pemimpinnya. Kita tidak mau itu terjadi lagi," ucap Ganjar.

Baca juga: Peneliti BRIN: Ketiga capres saling respek dalam debat terakhir KPU

Baca juga: Prabowo berterima kasih kepada 7 presiden, termasuk Megawati


Ganjar mengatakan bahwa yang dikecewakan adalah dimulai dari fasilitas kesehatan yang tidak terpenuhi, pendidikan yang tidak inklusif, lapangan pekerjaan yang tidak menjangkau lebih banyak orang, hingga seribu hari pertama kehidupan untuk mencegah stunting tidak dilakukan dengan baik.

"Kita tidak boleh lagi membiarkan kekecewaan itu terulang dan kemarahan rakyat kemudian muncul, lalu mereka menjadi apatis. Dan kali ini, beri suara Anda kepada calon yang konsisten, yang visioner, yang mampu mendengarkan rakyat, negarawan, reformis, dan tidak punya persoalan," tutur dia.

Ganjar juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga proses politik demokrasi dengan baik, termasuk melawan politik dinasti.

"Kita mesti melawan politik dinasti itu yang didukung oleh mereka yang statement (pernyataannya, red) sangat terbuka, menguasai sepertiga kekayaan Indonesia. Sungguh-sungguh rakyat merasa terluka dengan statement itu," ujar dia.

Ganjar juga menggarisbawahi keresahan masyarakat terhadap pejabat publik yang mengutamakan kepentingan keluarga di atas kepentingan segalanya, termasuk kepentingan rakyat.

"Hari ini kampus berbicara, masyarakat sipil berbicara, dan kita sedang diingatkan agar trek demokrasi dapat berjalan dengan baik, dan jangan sampai KKN super kembali di Indonesia. Kita mesti tegas menegakkan hukum," tegas Ganjar.

Terakhir, kata Ganjar, catatan terakhir dari rakyat membuat dia dan Mahfud tidak akan melupakan masyarakat.

"Ketiga, saya berjanji bersama Pak Mahfud juga bila terpilih bersama Pak Mahfud memimpin republik ini, kami tidak akan mengecewakan rakyat. Rakyat merupakan sumber energi kami. Ruang-ruang terbuka yang mesti terakomodasi. Mereka adalah detak jantung kami. Mandat rakyat adalah amanah suci buat kami," tambah dia.

Ganjar mengatakan bahwa dia siap memulai era maju Indonesia, di mana tidak satu pun rakyat ditinggalkan atau disebut sebagai era gotong-royong menuju Indonesia unggul.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta.

Debat pemungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024