Jakarta (ANTARA News) - PT Garuda Indonesia membuka rute penerbangan internasional jarak jauh secara langsung Jakarta - Tokyo - Jakarta, Selasa (31/8) malam.

Kepala Komunikasi Perusahaan PT Garuda Indonesia, Pujobroto kepada pers di Jakarta, Rabu, mengatakan, peresmian penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta-Tokyo-Jakarta tersebut dilaksanakan oleh Kepala Area Indonesia Bagian Barat Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo di Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Garuda Indonesia melayani penerbangan ke Tokyo setiap hari dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta (GA 884) pukul 23.50 WIB dan tiba di Tokyo pada pukul 09.00 waktu setempat, kemudian terbang kembali dari Tokyo (GA 881) pukul 11.00 waktu setempat dan tiba di Jakarta pukul 19.35 WIB.

"Rute baru tersebut menggunakan pesawat Airbus 330-200 dengan kapasitas kursi sebanyak 222 penumpang dengan konfigurasi 36 penumpang di Kelas Eksekutif dan 186 di Kelas Ekonomi," katanya.

Kepala Area Indonesia Bagian Barat Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo sebagaimana disampaikan Pujobroto, mengatakan bahwa pasar Jepang merupakan pasar yang sangat penting bagi Garuda Indonesia.

Jepang merupakan pasar yang sangat potensial dan Garuda Indonesia telah menerbangi rute-rute ke Jepang selama lebih dari empat puluh delapan tahun.

Selain rute penerbangan langsung Jakarta-Tokyo ini, Garuda Indonesia saat ini telah melayani penerbangan ke Tokyo, Osaka dan Nagoya melalui Denpasar. Penerbangan dari Denpasar tersebut dimaksudkan untuk membidik pangsa pasar wisatawan Jepang untuk Bali dan sekitarnya .

Penerbangan langsung Jakara-Tokyo-Jakarta ini akan dilayani dengan layanan terbaru Garuda Indonesia Experience yang merupakan layanan yang memadukan keramahtamahan dan keunikan khas Indonesia dalam seluruh layanan penerbangan, baik mulai dari layanan sebelum, selama dan setelah penerbangan.

Dalam penerbangan ini, penumpang Garuda Indonesia juga akan dilayani oleh awak kabin yang berasal Jepang yang siap untuk membantu para penumpang dalam hal kemudahan komunikasi pada saat memerlukan bantuan atau pun pelayanan selama dalam penerbangan.

Selain itu, penerbangan ini juga menawarkan layanan "Immigration on-Board" yakni para penumpang dapat melakukan pengurusan untuk melakukan pengurusan dokumen keimigrasian berupa pemberian visa on arrival di atas pesawat sehingga para penumpang mendapatkan kenyamanan lebih untuk tidak harus mengantri pada konter imigrasi pada saat kedatangan.
(E008/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010