KPU jalin kerja sama dengan PT Garuda Indonesia dan BSSN

KPU jalin kerja sama dengan PT Garuda Indonesia dan BSSN

Ketua Komisi Pemilihan Umum Ilham Saputra (kanan) bersama Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Saputra (kiri) menunjukkan nota kesepahamam antara KPU dengan BSSN dan Garuda Indonesia usai penandatanganan di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (2/6/2021). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz/am.

Jakarta (ANTARA) - KPU menjalin kerja sama dengan dua instansi yakni bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta PT Garuda Indonesia.

Ketua KPU, Ilham Saputra, di Jakarta, Rabu, mengatakan kerja sama tersebut sangat penting sebagai langkah saling dukung dengan pemerintahan maupun BUMN. "Saya kira ini penting, dalam hal saling mendukung satu sama lain untuk pekerjaan masing-masing," kata dia.

KPU, menurut dia, tentu membutuhkan transportasi yang mumpuni dalam melakukan kerja-kerja kepemiluan. "Bisa kemudian (mendapatkan) kemudahan transportasi, bagasi misalnya, untuk kebutuhan Pemilu di suatu tempat," kata dia.

Baca juga: KPU kerja sama dengan organisasi keagamaan sosialisasikan Pemilu 2019

Kerja sama dengan PT Garuda Indonesia, berkaitan dengan pemanfaatan produk dan layanan dalam penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan.

Menurut dia, mencakup kerja sama angkutan udara bagi penumpang pada rute penerbangan baik dalam negeri maupun luar negeri, kerja sama layanan kargo, kerja sama dengan anak perusahaan dan afiliasi serta kerja sama lainnya.

Baca juga: Universitas Hasanuddin sepakati kerjasama dengan tiga lembaga negara

Kemudian, kerja sama dengan BSSN berkaitan dengan perlindungan informasi dan transaksi elektronik.

Kerja sama itu selanjutnya diaplikasikan melalui pemanfaatan sertifikat elektronik untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik, pengamanan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan dan pengembangan SDM, pertukaran informasi serta kegiatan lain.

Baca juga: ICW dorong KPU kerja sama KPK bangun "whistle-blowers system"

"Dari dua kerja sama ini, diharapkan dapat mewujudkan efektivitas kerja, terpadu, terarah dan berkesinambungan dalam hal perlindungan informasi dan transaksi elektronik maupun dalam hal pelayanan angkutan udara serta kargo untuk suksesnya pemilu dan pemilihan," ucapnya.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani langsung Saputra, Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak, serta Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Saputra.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendagri usulkan kampanye Pemilu 2024 berlangsung 4 bulan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar