Nakes di Kudus yang terpapar COVID-19 bertambah jadi 196 orang

Nakes di Kudus yang terpapar COVID-19 bertambah jadi 196 orang

Dua orang tenaga kesehatan di RSUD Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, tengah mendorong tempat tidur dengan pakaian lengkap standar untuk penanganan pasien COVID-19. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Tenaga kesehatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang terpapar COVID-19 bertambah menjadi 196 orang, termasuk tiga pejabat penting di dinas kesehatan kabupaten setempat.

"Per hari ini (2/6) jumlah nakes yang terpapar COVID-19 memang bertambah menjadi 196 orang, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Kudus beserta sekretarisnya serta Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit juga terkonfirmasi positif COVID-19," kata Pelaksana harian Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kudus Agus Budi Satriyo di Kudus, Rabu.

Karena ada tenaga kesehatan yang meninggal, kata dia, maka jumlah nakes aktif positif COVID-19 berkurang menjadi 195 orang.

Baca juga: Ganjar: Kudus dapat tambahan nakes untuk penanganan COVID-19

Langkah antisipasi agar tidak meluas, katanya, sudah diambil tindakan dengan melakukan penelusuran kontak erat. Kebetulan di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus ditemukan banyak kasus.

Hal serupa juga dilakukan di sejumlah perkantoran di lingkungan Pemkab Kudus dengan melakukan penelusuran kontak erat dengan penderita.

Perkantoran yang diketahui banyak kasus, maka diambil kebijakan untuk sejumlah aparatur sipil negara (ASN) bekerja dari rumah dan dilakukan sterilisasi perkantoran dengan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan.

"Jika sebelumnya masih ditemukan ASN saat di perkantoran lepas masker, maka mulai saat ini diperketat lagi. Jika ada yang lepas masker tanpa alasan yang jelas akan diberi peringatan tegas karena demi kepentingan bersama," ujarnya.

Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi menambahkan dari 196 nakes yang terpapar, sebanyak 23 orang di antaranya menjalani perawatan.

Sebelumnya jumlah nakes yang terpapar sebanyak 143 orang, sedangkan yang dirawat sebanyak 15 orang. Nakes yang terpapar COVID-19 tersebut ada yang berasal dari belasan Puskesmas dan beberapa dari rumah sakit, kini semakin bertambah sehingga perlu kewaspadaan dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. ***3***

Baca juga: Pemkab Cilacap pusatkan isolasi 33 nakes positif COVID-19
Baca juga: 10 petugas puskesmas di Lebak positif COVID-19

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar