Anggota DPR prihatin penurunan anggaran Kemenhub

Anggota DPR prihatin penurunan anggaran Kemenhub

Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo. ANTARA/HO-Humas Fraksi PKS

Saya prihatin dengan penurunan anggaran Kemenhub tiga tahun terakhir ini. Tahun 2021 ini dari pagu definitif Rp45,66 triliun setelah refocussing tinggal Rp33,22 triliun
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo menyoroti penurunan anggaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dicemaskan dan berpotensi menghambat pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) kementerian itu.

"Saya prihatin dengan penurunan anggaran Kemenhub tiga tahun terakhir ini. Tahun 2021 ini dari pagu definitif Rp45,66 triliun setelah refocussing tinggal Rp33,22 triliun," kata Sigit Sosiantomo dalam rilis di Jakarta, Kamis.

Selain itu, ujar dia, tahun 2022 pagu yang diusulkan Rp32,9 triliun dan masih ada kemungkinan turun lagi jika ada realokasi anggaran.

Ia mencemaskan penurunan anggaran Kemenhub akan menghambat pencapaian target-target RPJMN di sektor transportasi, penurunan pelayanan transportasi bagi masyarakat, hingga berkurangnya ruang fiskal untuk pembayaran hutang dan tunggakannya.

Baca juga: Usulkan 268 kegiatan, DPR minta Kemenhub sinkronisasi anggaran 2021

"Salah satu target RPJMN Kemenhub yang akan terhambat adalah pembangunan beberapa terminal tipe A yang tertunda akibat refocussing yang seharusnya selesai dalam single year menjadi multiyears," katanya.

Untuk itu Sigit meminta Kemenhub membuat daftar prioritas proyek yang akan dilaksanakan di tengah keterbatasan anggaran sehingga Kemenhub juga diminta lebih selektif memiliki proyek yang akan didanai APBN.

Sebagaimana diwartakan, pagu indikatif Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kemenhub tahun 2022 turun sebesar 20,35 persen menjadi Rp32,9 triliun dibandingkan pada 2021 yakni sebesar Rp41,3 triliun.

Baca juga: Pagu indikatif Kemenhub tahun 2022 turun 20,35 persen

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenhub beri bansos ke 1.000 mitra transportasi darat Bandung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar