Kabanjahe, Sumut (ANTARA News) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, Kamis, (2/9) mengunjungi para pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

Tempat penampungan pengungsi yang didatangi oleh Din Syamsuddin itu adalah lokasi Jambur Adil Makmur (tempat acara pesta warga Karo, red) di Kota Kabanjahe.

Di lokasi penampungan Jambur Adil Makmur itu ditempati sekitar 2.655 jiwa pengungsi yang berasal dari berbagai Desa di Kabupaten Tanah Karo.

Di Jambur Adil Makmur ditempatkan 12 Desa, beberapa diantaranya, Desa Sukandi, Desa Selaud, Desa Payung dan Desa Berastepu.

Kemudian, Desa Naman, Desa Tiga Pancur, Desa Gambir, Desa Jeraya, Desa Cimbang, Desa Ujung Payung dan Desa Beganding.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin dalam sambutannya ketika menyerahkan bantuan, mengatakan, ia minta kepada para pengungsi yang berada di lokasi penampungan ini agar bersabar dan selalu tabah dalam menghadapi segala cobaan.

"Kita harus tetap sabar dalam menghadapi tantangan ini.Para pengungsi juga menjaga kesehatan, sehingga tidak sakit," kata Wakil Ketua Umum Majelis Indonesia itu.

Sementara itu, data yang diperoleh dari Tim Posko Jambur Adil Makmur, Ramlan Barus menyebutkan, bantuan yang diserahkan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah kepada para pengungsi itu, berupa 15 goni beras (isi 15 kg), gula 3 goni (isi 50 kg), 120 buah kain sarung, satu kotak Susu SGM, satu kotak sardencis, dua kotak mie instan dan lainnya.

Pada acara kunjungan Din Syamsuddin ke lokasi itu juga mendengarkan laporan dari pengungsi saat terjadinya letusan Gunung Sinabung tersebut.

Selain menyerahkan bantuan logistik, Din Syamsuddin juga membawa 6 orang tenaga dokter dan tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (UMSU).

20.066 pengungsi

Sementara itu data yang diperoleh dari Posko Utama Penanggulangan Bencana Gunung Sinabung di Kabanjahe, hingga Kamis, pukul 22. 00 WIB, jumlah pengungsi tercatat sebanyak 20.066 jiwa yang ditampung di 11 lokasi Jambur Kabanjahe.

Ke-11 lokasi penampunagan itu beberapa di antaranya Jambur Lige (2.500 jiwa), Jambur Adil Makmur (2.655 jiwa), Jambur Tuah Lopati (1.434 jiwa), Jambur Sempakata (1.267 jiwa), Jambur Jambur Dalihan Natolu (1.293 jiwa), Gedung KNPI/Serba Guna (560 jiwa) dan tempat lainnya.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara itu meletus Minggu (29/9) sekitar pukul 00.08 WIB dan mengeluarkan asap tebal, percikan api, debu vulkanik, serta partikel belerang yang cukup panas.

Gunung Sinabung memiliki ketinggian 2.640 meter di atas permukaan laut. Koordinat puncak Gunung Sinabung adalah 3 derajat 10 menit LU, 98 derajat 23 menit BT.

Gunung Sinabung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara dan berjarak lebih kurang 110 Km arah Barat Kota Medan. (*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010