Sandiaga: Desa wisata simbol kebangkitan ekonomi nasional

Sandiaga: Desa wisata simbol kebangkitan ekonomi nasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno meninjau salah satu UMKM di Balkondes Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (5/6/2021). ANTARA/Heru Suyitno/aa.

Desa wisata menjadi andalan Kemenparekraf untuk mendongkrak pariwisata yang sifatnya 'personalized', 'customized', 'localized', dan 'smaller in size'.
Magelang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menyatakan desa wisata adalah simbol kebangkitan ekonomi nasional.

"Desa wisata menjadi andalan Kemenparekraf untuk mendongkrak pariwisata yang sifatnya 'personalized', 'customized', 'localized', dan 'smaller in size'," katanya di Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Ia menyampaikan hal tersebut usai sosialisi "Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021" di Desa Wisata Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Baca juga: Sandiaga prediksi 20 ribu penonton padati World Superbike di Mandalika

Menparektaf berharap Provinsi Jateng  memasukkan desa-desa wisata yang berkelas dunia seperti Karangrejo, Candirejo, dan beberapa desa wisata lainnya untuk berpartisipasi dalam anugerah desa wisata tersebut.

"Saya titip sama Pak Sinung (Kepada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah) untuk menyiapkan desa wisata karena anugerah desa wisata akan ditutup pada 26 Juni 2021 dan harapan kami ada 500 desa wisata yang akan berpartisipasi dan tentunya ini adalah bentuk dari adaptasi kita di tengah COVID-19," katanya.

Baca juga: Sandiaga Uno sebut ADWI 2021 bisa dorong pertumbuhan ekonomi

Ia menuturkan pandemi COVID-19 ini memaksa masyarakat untuk mengadopsi keterampilan-keterampilan baru dan desa wisata ini menjadi andalan Kemenparekraf untuk mendongkrak pariwisata.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan oleh Kemenparekraf dengan mengangkat tema "Indonesia Bangkit".

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan Rakyat.

Baca juga: Kemendes PDTT dorong puluhan desa di Kalsel jadi desa wisata

Rangkaian sosialisi acara "Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021" dimulai pada 22 Mei 2021 hingga 25 Juni 2021.
Sebelumnya sosialisasi program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 telah diselenggarakan di Desa Wisata Pujon Kulon Malang, Desa Mas Ubud Bali, Desa Wisata Cisarua Bogor, dan Desa Wisata Cibuntu Kuningan.

Sandiaga mengatakan dengan adanya kegiatan sosialisasi desa wisata ini, pihaknya ingin memberikan arahan kepada desa-desa wisata di Indonesia dari segi digitalisasi maupun dari segi protokol kesehatan.

"Dengan kehadiran acara desa wisata ini kami banyak mencatat beberapa kategori yang dapat ditingkatkan agar persiapan kebangkitan ekonomi nasional dapat dihadirkan melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021," katanya.

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sandi Uno: Pegiat ekonomi kreatif ada di era VUCA

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar