Jakarta (ANTARA News) - Menakertrans Muhaimin Iskandar mengapresiasi berbagai perusahaan yang menyediakan layanan mudik untuk karyawan dan masyarakat umum. "Suatu mengharukan dan menggugah perasaan, bukan saja karena bentuk kepedulian perusahaan terhadap karyawan namun juga sebagai upaya memperkokoh solidaritas sosial yang kita miliki," ujarnya disela-sela pelepasan mudik pedagang jamu di area parkir barat Pekan Raya Jakarta (PRJ), Minggu.

Dalam keterangan tertulisnya, itu Menakertrans mengatakan, sekitar 25.000 orang pemudik memenuhi areal parkir timur dan barat PRJ yang akan berangkat menuju Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat.Beberapa perusahaan yang turut menyediakan ratusan bus antara lain adalah Sidomuncul dan Holcim.

"Tahun depan kita organisir lagi dengan lebih baik dan lebih besar lagi," kata Muhaimi Iskandar yang juga Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Dia menegaskan, memperhatikan kesejahteraan karyawan, bisa menjadi suatu titik tolak kerja sama yang baik antara perusahaan dan pekerja. "Supaya bisa ada keharmonisan di antara perusahaan dan pekerja," katanya.

Kepada pemudik Muhaimin berpesan agar tetap berhati-hati dan menyampaikan salam kepada seluruh keluarga pemudik. "Jika ada kelebihan rezeki jangan dibelanjakan terlalu banyak, gunakan untuk kegiatan yang lebih produktif melalui usaha-usaha kecil di daerahnya masing-masing," ujar imbau pria yang kerap disapa Cak Imin ini.

Selain itu, Menakertrans Muhaimin Iskandar kembali mengingatkan perusahaan untuk memperhatikan kesejahteraan pekerja saat hari raya. Hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja para karyawan.

"THR yang harus diberikan satu kali gaji, itu sangat penting. Itu hak mereka, perusahaan wajib membayarkannya," ujarnya.(*)
(ANT/R009)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010