Mamuju (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gelombang laut di Perairan Sulbar aman bagi pelayaran khususnya bagi penumpang yang akan melakukan mudik lebaran 1431 hijriah dengan menggunakan jasa angkutan laut.

Kepala stasiun BMKG Kabupaten Majene, Edy Sofyan, di Majene, Minggu, mengatakan, gelombang laut di Perairan Sulbar cukup bersahabat, tingginya hanya sekitar 1,3 meter.

Ia mengatakan, ketinggian gelombang diperairan Sulbar tersebut, aman bagi pelayaran khususnya bagi para penumpang yang akan mudik lebaran dengan menggunakan jasa angkutan laut seperti kapal Fery dari Kota Mamuju Provinsi Sulbar menuju Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

"Perairan Sulbar juga aman bagi kapal penumpang yang melintas dari daerah lain, untuk mengangkut penumpang arus mudik lebaran,"katanya.

Selain itu kata dia, juga aman bagi nelayan yang menggunakan perahu kecil untuk berlayar menangkap ikan di Perairan Sulbar.

"Nelayan aman melaut untuk menangkap ikan guna memenuhi permintaan ikan masyarakat yang cukup tinggi jelang lebaran ini, karena cuaca cukup bersahabat," katanya.

Ia mengatakan, kecepatan angin yang berhembus diperairan Sulbar sekitar 35 kilometer per jam dari arah timur menuju arah tenggara. (MFH/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010