Purwakarta (ANTARA News) - Arus lalu lintas di gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada H-4 Lebaran atau Senin siang masih lancar dan tidak terjadi kepadatan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan.

ANTARA memantau, antrean kendaraan di sejumlah pintu keluar gerbang Tol Cikampek hanya terdapat beberapa kendaraan karena seluruh pintu gerbang tol itu dikhususkan untuk kendaraan yang keluar dari jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Selepas gerbang Tol Cikampek, arus lalu lintas menuju pertigaan Mutiara hingga ke simpang Jomin juga terlihat lancar selama Senin siang.

Arus lalulintas hanya tersendat sedikit tepat di simpang Jomin, karena terjadi penyempitan jalan di simpang itu.

Kepadatan kendaraan di simpang Jomin itu tidak mengakibatkan kemacetan panjang, karena terdapat sejumlah petugas di simpang tersebut.

Sedangkan di pertigaan Mutiara, sudah disiapkan petugas yang akan melakukan buka-tutup jika terjadi kemacetan di simpang Jomin.

Hal itu dilakukan untuk mengurai kemacetan di sekitar simpang Jomin, dengan mengalihkan sementara kendaraan dari gerbang Tol Cikampek menuju simpang Jomin, melalui Pasar Cikampek.

Sementara jalan By Pass Jomin untuk menuju ke simpang Jomin ditutup selama pengalihan ke Pasar Cikampek.

Kepala Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar, AKBP Sambodo Purnomo mengatakan, banyaknya pengemudi kendaraan jenis bus dan truk yang memilih keluar dari gerbang Tol Dawuan menuju Pantura juga mengakibatkan arus lalu lintas di sekitar gerbang Tol Cikampek lancar.

Di dalam Tol Jakarta-Cikampek, katanya, petugas telah memasang papan imbauan agar kendaraan besar keluar melalui gerbang Tol Dawuan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penumpukan kendaraan yang keluar melalui gerbang Tol Cikampek.

Jika terjadi penumpukan di gerbang Tol Cikampek, maka akan terjadi kepadatan di sekitar pertigaan Mutiara hingga simpang Jomin sampai ke jalur Pantura.

"Untuk menghindari simpang Jomin, kendaraan keluar dari gerbang Tol Dawuan. Sehingga, tidak terjadi kemacetan di simpang Jomin sampai ke jalur Pantura," katanya.

(KR-MAK/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010