Purwakarta (ANTARA News) - Petugas mengalihkan kendaraan dari gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, tujuan Jawa Tengah ke jalur tengah dan selatan, menyusul kepadatan di jalur pantai utara, pada Senin malam atau H-4 lebaran.

Selain karena padatnya kendaraan di jalur pantai utara (Pantura), pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan karena cukup panjangnya antrean kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cikampek.

Dalam melakukan pengalihan itu, petugas memasang petunjuk arah ("traffic cone") pada jalur menuju jalur Pantura, agar berbelok menuju jalur tengah dan selatan.

Namun, ada beberapa pemudik yang berkompromi kepada petugas agar diperbolehkan melintasi jalur Pantura, dan hal itu tidak dipenuhi oleh petugas.

Pengalihan yang berlangsung sekitar pukul 23.20 WIB itu dilakukan petugas tidak lebih dari sekitar seperempat jam. Setelah itu, petugas kembali mengalihkan arus ke jalur Pantura.

Saat melakukan pengalihan, petugas di Pos Aju Cikopo beberapa kali mengumumkan jalur mudik yang harus dilalui para pemudik.

Untuk melintasi jalur tengah, pemudik bisa melewati Sadang-Kalijati-Subang-Cikamurang-Kadipaten-Cirebon.

Sedangkan untuk melintasi jalur selatan, pemudik bisa masuk kembali ke jalan Tol Purbaleunyi, melalui gerbang Tol Sadang atau gerbang Tol Jatiluhur, kemudian keluar gerbang Tol Cileunyi hingga ke Nagrek.

Pengalihan arus lalu lintas dari gerbang Tol Cikampek menuju jalur tengah dan selatan itu merupakan kedua kali pada Senin malam.

Sebelumnya, sekitar pukul 21.00 WIB, petugas juga mengalihkan arus lalu lintas ke jalur tengah atau selatan, dan menutup jalur menuju jalur Pantura di gerbang Tol Cikampek. (*)
(KR-MAK/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010