Jakarta (ANTARA News) - Band Rock Jane`s Addiction mengumumkan telah berpisah dengan pembetot bass mereka, Duff McKagan, yang mantan bassist Guns N' Roses.

Lima bulan lalu, Jane's Addiction mengumumkan bergabungnya McKagan sebagai bassist mereka. Posisi itu sudah sering berganti di Jane's Addiction.

Seperti diberitakan Reuters, McKagan, (46) hanya tampil dalam beberapa kali konser  band itu. McKagan  ikut mengerjakan materi baru untuk album mereka yang akan keluar setelah tujuh tahun terakhir, tetapi perbedaan bermusik mempersingkat karirnya di band itu.

"Hey, kami ingin berterimakasih kepada Duff yang membantu kami menulis lagu untuk rekaman baru," Ujar band itu dalam surat elektronik. "

"Kami suka lagu yang kami kerjakan bersamanya -- dan pertunjukkan itu meledak -- tetapi secara musikalitas kami semua punya  arah berbeda. Sejak sekarang i Duff berhenti guna berkonsentrasi pada karyanya sendiri jadi kami berharap yang terbaik untuknya."

Jane's Addiction telah mengganti lima kali pemain bassnya sejak terbentuk di tahun 1985 tapi personel lainnya tak berubah.
 Personil asli adalah Eric Avery yang keluar masuk dua kali, dan posisinya digantikan oleh mcKagan pada bulan Maret setelah gelaran tur di Australia.

McKagan dikenal sebagai anggota pendiri dari Guns N Roses, yang berkontribusi pada lagu seperti "Paradise City"  dan "Its So Easy" untuk salah satu band terbesar pada awal tahun 1990 itu.

Seperti juga yang dialami sebagian anggota  kelompok itu,  McKagan  terlibat obat obatan dan alkohol bahkan dia  hampir meninggal setelah pankreasnya pecah tahun 1994. Ia tersadar dan keluar dari band setelah beberapa tahun kemudian.

Setelah belajar bisnis pada universitas Seattle, ia bergabung dengan dua mantan personil Guns N Roses lainnya untuk membentuk Velvet Revolver di tahun 2002. Band itu melahirkan dua album dan memenangi Grammy sebelum bubar di tahun 2008.

McKagan tahun lalu rekaman dan menggelar tur dengan band barunya, Loaded.Berdasarkan pesan di akun Twitter pentolan Jane's Addiction, Perry Farrell, McKagan berencana membuat album dan konser pada musim gugur. Juru bicara McKagan belum bisa memberi komentar.

Janes Addiction berawal dari sebuah band rock underground  Los Angeles AS pada tahun 1980-an.

Yang membedakan mereka dengan band beraliran post-punk lain adalah gaya Farrells di panggung yang  ambigu secara seksual dan raungan melodi sangat nyaring. Mereka punya hanya tiga album dan merajai di tangga lagu radio untuk lagu seperti "Been Caught Stealing" dan"Jane Says."
(yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010