Diyarbakir, Turki (ANTARA News/AFP) - Sembilan pemberontak Kurdi dan seorang tentara tewas dalam pertempuran di Turki tenggara dan timur, kata sumber-sumber keamanan setempat Selasa.

Sembilan gerilyawan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang berlawanan dengan hukum tewas ditembak dalam satu operasi keamanan yang dimulai Ahad, di provinsi pegunungan Hakkari, yang berbatasan dengan Irak dan Iran.

Seorang tentara juga cedera dalam operasi yang dimulai setelah serangan-serangan pemberontak yang dimulai setelah pemberontak menyerang sebuah pos terluar militer lokal, kata sumber-sumber yang tidak disebut namanya.

Secara terpisah, seorang prajurit tewas ditembak dalam satu bentrokan semalam dengan kelompok bawah tanah kiri-jauh di provinsi Tunveli, di mana gerilyawan diyakini telah merancang serangan di dekat pabrik pembangkit listrik tenaga hidro, kata mereka menambahkan.

Suatu operasi keamanan sedang dilakukan di daerah itu untuk mengejar gerilyawan.

PKK, tercatat sebagai kelompok teroris oleh Turki dan oleh banyak masyarakat internasional, angkat senjata untuk membentuk kekuasaan sendiri di wilayah tenggara yang mayoritas Kurdi pada 1984, yang memicu konflik yang diklaim telah menewaskan 45.000 jiwa.(AK/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010