Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Freddy Numberi beserta rombongan mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Rabu, untuk memantau arus mudik di pelabuhan tersebut.

Turut dalam rombongan Menhub, Panglima TNI Jenderal Joko Santoso, Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, beserta pejabat lainnya.

"Pelabuhan Merak dan Bakauheni harus sama-sama selalu dimonitoring, sehingga pelayanan angkutan lebaran tahun ini dapat berjalan baik," kata dia.

Ia menyebutkan, semua perangkat di lingkungan Kementerian Perhubungan serta Indonesia Ferry ASDP Bakauheni telah bekerja denga maksimal serta melakukan koordinasi secara intensif agar pelayanan nagkutan lebaran dapat berjalan lancar dan baik.

Namun, ia juga mengharapkan, masyarakat turut serta membantu agar angkutan lebaran tahun ini berjalan dengan baik.

Freddy lebih lanjut menyatakan, bahwa Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, meminta angkutan lebaran dari tahun ke tahun harus lebih baik terutama menyangkut pelayanan dan keamanan.

Masyarakat yang melakukan mudik, lanjutnya, mengharapkan, perjalanan mudiknya nyaman dan aman hingga ke tujuan.

"Mereka menginginkan dapat merayakan lebaran di kampung halamannya bersama keluarga," ujarnya lagi.

Pada angkutan lebaran tahun ini di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, sambungnya, puncak arus mudik pada H-2 hingga H+1 lebaran.

Ia juga mengharapkan, cuaca di perairan tidak terlalu ekstrem seperti hujan dengan intensitas tinggi karena dapat menggangu pelayaran.

Terkait kondisi kapal yang rusak, sambungnya, pihak Indonesia Ferry ASDP Bakauheni telah siap melakukan perbaikan sehingga tidak terjadi gangguan selama pelayaran.

"Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan Indonesia Ferry ASDP Bakuheni siap membantu," jelasnya.

Terkait tiket elektrik ditutup saat padat, ia meminta dibuka saja mengingat jumlah penumpang pada H-2 ini padat karena penumpang pun telah memiliki tiket.

Pada kesempatan itu, Menhub beserta rombongan sempat meninjau posko pengamanan Lebaran serta tempat penjualan tiket di pelabuhan tersebut.

Menhub juga sempat berbincang dengan pemudik untuk menanyakan pelayanan angkutan lebaran di pelabuhan penyeberangan tersebut.

Kapolda Lampung Brigjen Pol Sulistyo Ishak, Wakil Gubernur Lampung MS Joko Umar Said, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza turut hadir mendampingi Menhub beserta rombongan.

(A054/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010