Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas dari jalan arteri Dawuan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menuju simpang Jomin hingga ke jalur Pantura pada dua hari menjelang Lebaran atau Rabu padat hingga mengakibatkan kemacetan.

Kemacetan dari Jalan Raya Ahmad Yani, Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Karawang, menuju simpang Jomin itu terjadi sejak Rabu pagi.

Tetapi arus kendaraan terus bergerak perlahan.

Hingga Rabu siang sekitar pukul 12.00 WIB, arus lalu lintas dari Dawuan Barat hingga ke simpang Jomin menuju jalur Pantura masih padat merayap.

Kepadatan kendaraan terjadi akibat tingginya volume kendaraan yang melintas menuju jalur Pantura sepanjang Rabu pagi hingga siang.

Begitu juga dari gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menuju simpang Jomin hingga ke pantura, arus lalu lintas terlihat padat merayap.

Kondisi arus lalu lintas dari gerbang Tol Cikampek menuju simpang Jomin mulai mencair setelah petugas melakukan buka tutup di Pertigaan Mutiara dan di perempatan Cikopo, depan gerbang Tol Cikampek.

Di Pertigaan Mutiara, petugas melakukan buka tutup dengan menutup jalur menuju simpang Jomin melewati jalan By Pass Jomin dan mengalihkannya ke Pasar Cikampek, melewati Jalan Jenderal Sudirman untuk sampai ke simpang Jomin.

Sedangkan di depan gerbang Tol Cikampek, petugas menutup jalur menuju pantura dan mengalihkannya ke jalur tengah atau selatan.

Untuk melintasi jalur tengah, pemudik bisa melewati Sadang-Kalijati-Subang-Cikamurang-Kadipaten-Cirebon.

Sedangkan untuk melintasi jalur selatan, pemudik bisa masuk kembali ke jalan Tol Purbaleunyi, melalui gerbang Tol Sadang atau gerbang Tol Jatiluhur, kemudian keluar gerbang Tol Cileunyi hingga ke Nagreg.

(KR-MAK/S018/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010