Jakarta (ANTARA News) - Tiket kereta api kelas Ekonomi pada tahun 2011 akan dijual memakai sistem online atau bisa dipesan dengan menelepon pusat pemesanan tiket (call center), karena meningkatnya para penumpang kereta api kelas Ekonomi.

"Sistem pembelian tiket kereta ekonomi pada tahun 2011 akan dilakukan secara online atau bisa dipesan dengan menelepon pusat pemesanan tiket (call center), dikarenakan banyak peminatnya dan para penumpang bisa dengan mudah mendapatkan tiket tersebut," kata Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ignatius Jonan, di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, setelah PT KAI mengoperasikan KA anyar kelas AC Ekonomi Bogowonto jurusan Senen-Kutoarjo, dengan harga tiket Rp 70 ribu, timbul inisiatif untuk menggunakan metode online dalam pemesanan tiket.

"Kereta Ekonomi tahun depan harus bisa dipesan secara online. Bahkan, tiga puluh hari sebelumnya. Saya memang menginginkan kereta itu cukup dua kelas, yaitu Eksekutif dan Ekonomi AC," ujarnya.

Sebelumnya, Jonan mengaku sempat cemas, bila kereta baru tidak laku. Hal ini disebabkan ada kesalahan dalam masa sosialisasi yang terlalu pendek dengan waktu lebaran.

Sementara itu, data jumlah penumpang untuk kelas ekonomi mengalami fluktuasi selama tiga tahun terakhir. Pada 2008, jumlahnya mencapai 139.713 penumpang, sementara pada 2009 angka itu naik menjadi 141.340 penumpang. Namun, pada 2010, angka itu jauh lebih kecil yaitu 119.813 penumpang.

"Jumlah penumpang kereta api untuk kelas Ekonomi dalam tiga tahun terakhir mengalami fluktuasi, sehingga kami meluncurkan sistem layanan online pada tahun 2011, tujuannya agar jumlah penumpang Ekonomi terus mengalami kenaikan setiap tahunnya," tambahnya.
(ANT-135/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010