Cilegon (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral meminta kepada pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berada di jalur mudik untuk buka selama 24 jam, agar dapat memenuhi kebutuhan pemudik.

"Saya minta SPBU yang berada di jalur mudik mauapun alternatif, selama arus mudik dan balik ini untuk buka 24 jam, tanpa berhenti," kata Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh, didampingi Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita H Legowo dalam kunjungan kerja dan safari ramadan di Terminal Transit BBM Tanjung Gerem, Banten, Rabu.

Dia menjelaskan, sejauh ini pasokan BBM di jalur mudik seperti Lampung, Merak dan Pantura, sudah diberi tambahan pasokan BBM dan LPG.

"Langkah-langkah persiapan stok BBM, dan LPG sudah kami lakukan. Dan kami meminta pada arus balik nanti semua SPBU di jalur mudik harus buka 24 jam, sampai H+10," katanya menegaskan.

Pihaknya juga telah melakukan pengaturan pembedaan jalur layanan antara mobil dan motor. "Karena pemudik kendaraan roda dua lonjakannya mencapai 20 persen, maka kami menyediakan pelayanan SPBU transit khusus sepeda motor," katanya menambahkan.

Untuk penyediaan stok BBM, Kementerian ESDM juga telah melakukan pasokan BBM melalui optimasi kang dan impor. "Langkah yang akan diambil juga diantaranya penambahan mobil tangki solar ke premium," katanya. (*)

(ANT-152/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010