Masjid Raya Bandung kini dilengkapi mesin air minum gratis

Masjid Raya Bandung kini dilengkapi mesin air minum gratis

Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat kini dilengkapi dengan fasilitas berupa mesin air minum gratis bagi warga dan wisatawan. ANTARA/dokumen Wakaf Salman.

Mesin air minum gratis yang diletakkan di dalam masjid tersebut merupakan wakaf pemberian Wakaf Salman, Hijabfest, dan Famouscarf, salah satu merek hijab lokal di Kota Bandung.
Bandung (ANTARA) - Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat kini dilengkapi dengan fasilitas berupa mesin air minum gratis bagi warga dan wisatawan.

Mesin air minum gratis yang diletakkan di dalam masjid tersebut merupakan wakaf pemberian Wakaf Salman, Hijabfest, dan Famouscarf, salah satu merek hijab lokal di Kota Bandung.

"Semoga dengan dipasangnya wakaf mesin air minum di Masjid Agung Bandung ini dapat bermanfaat bagi warga bandung dan wisatawan. Kami harap para pengusaha berkolaborasi untuk memfasilitasi air minum gratis di sarana publik lainnya," kata pemilik brand hijab Famouscarf Mella Arianti, di Bandung, Selasa.

Mesin air siap minum yang diserahkan bernama mesin RO (Reverse Osmosis).

Mesin RO merupakan mesin filtrasi air yang sumber airnya bisa berasal dari mana pun dan air tersebut kemudian diolah sedemikian rupa sehingga siapapun bisa langsung meminumnya.
Baca juga: Universitas Pasundan Bandung bangun tiga masjid dan rumah sakit

Mella mengatakan kemudahan ini membuat pengunjung masjid ataupun jamaah sekitar hanya perlu membawa tempat minum kosong atau tumblr dan melakukan isi ulang air kapan pun mereka membutuhkannya.

"Sehingga, mesin ini dipasang di salah satu sudut strategis Masjid Agung Raya Bandung," kata dia.

Masjid Raya Bandung sendiri dipilih karena masjid ini termasuk masjid yang sering dikunjungi oleh para wargi Jabar, selain mobilitas tinggi di sekitar, masjid ini juga menjadi tujuan

Sementara itu, Direktur Wakaf Salman M Khirzan N Noe'man berharap program Wakaf Mesin Air Minum seperti ini untuk terus disebarkan di titik-titik strategis Kota Bandung dan Jawa Barat.

"Dengan begitu, kita bisa selevel dengan kota-kota besar di luar negeri yang menyediakan air siap minum di sarana umum dan manfaatnya bisa dirasakan oleh wargi bandung yang tercinta khususnya, maupun para pendatang/wisatawan yang datang ke Bandung," kata dia.

Selaku inisiator pengadaan mesin RO, Wakaf Salman berterima kasih kepada Hijabfest dan Famouscarf.
Baca juga: Masjid Raya Bandung gelar salat Jumat perdana saat pandemi

Mesin RO ini merupakan sumbangsih dari acara Indonesia Hijabfest, acara kolaborasi Wakaf Salman dan Hijabfest yang dilangsungkan beberapa waktu lalu di Bandung.

Famouscarf adalah salah satu brand yang terlibat di dalamnya, yang juga menjadi donatur utama pengadaan mesin RO di Masjid Agung Raya Bandung ini setelah berwakaf senilai 25 juta rupiah.

Kehadiran mesin RO ini bukan yang pertama di Kota Bandung karena warga bisa menemui mesin ini di lokasi-lokasi strategis yang biasa dikunjungi oleh banyak jamaah seperti Masjid Al Lathif, Masjid Agung Trans Studio Bandung, Masjid Lautze 2 Bandung, dan lokasi lainnya yang telah terpasang mesin RO.

Selain para warga, siapapun yang berkunjung ke Bandung juga boleh menggunakan fasilitas ini seperti para wisatawan, pejalan kaki, maupun pengendara yang kadang kehausan di jalan.

Semua orang bisa meminum air dari mesin RO asalkan membawa tempat minum masing-masing, sehingga lebih aman dan nyaman mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Acara penyerahan ini juga turut dihadiri oleh Founder Hijabfest Sheena Kristina, Direktur Wakaf Salman M Khirzan N. Noe’man dan Pengurus DKM bidang Imaroh Masjid Raya Jawa Barat Bandung Komarudin Hidayat.
Baca juga: Sekitar 300 tenda berdiri untuk itikaf di Masjid Habiburrahman Bandung

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar