Sydney (ANTARA News/AFP) - Pemain sirkus Rusia yang menelan ikan hidup dan kemudian memuntahkannya kembali telah dipaksa membatalkan pertunjukan karena aduan kekejaman di Australia.

Great Moscow Circus mengatakan apa yang disebut "pertunjukan air mancur" telah ditangguhkan hingga pengumuman lebih lanjut dan ketika muncul kembali, ikan hidup tidak akan digunakan.

"(Ikan hidup) sudah ada dalam pertunjukan sirkus sekitar empat atau lima minggu," kata general manajer sirkus Greg Hall kepada kantor berita nasional AAP. "Ikan hidup tidak akan digunakan dalam pertunjukan (berikutnya)," katanya menambahkan.

Pihak berwenang negara bagian mengatakan "sirkus yang beroperasi di New South Wales harus tunduk pada standar yang ditetapkan demi kesejahteraan binatang", sedangkan para aktivis hak-hak binatang sangat marah terhadap pertunjukan itu.

"Sirkus terus menglaim bahwa memertontonkan pertunjukan binatang bersifat mendidik," kata direktur eksekutif Animals Australia Glenys Oogjes.

"Jauh dari sifat mendidik, ini pertunjukan tidak manusiawi dan goblok yang tercermin sialnya pada Moscow Circus." (K004/R009/TERJ)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010