Komisi II DPR RI minta KPU siapkan SDM hadapi Pemilu 2024

Komisi II DPR RI minta KPU siapkan SDM hadapi Pemilu 2024

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./nz/pri.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten menghadapi Pemilu 2024.

"Siapkan SDM yang cukup dan benar-benar sehat sehingga tidak asal ambil seperti selama ini, misalnya yang dijadikan panitia pemungutan suara (PPS) tidak paham tugasnya," kata Junimart di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Baca juga: DPR: Kementerian/lembaga sampaikan rincian kegiatan satuan tiga

Dia mengakui KPU dan Bawaslu sudah mengajukan anggaran untuk tahapan Pemilu 2024 dan Komisi II DPR ingin Pemilu Serentak pertama itu tidak menimbulkan korban seperti Pemilu 2019.

Karena itu, menurut dia, KPU dan Bawaslu harus mempersiapkan SDM sejak tahapan pemilu mulai dari pendaftaran hingga penghitungan suara.

"Semua tahapan pemilu, mulai pendaftaran sampai penghitungan suara. Untuk melaksanakan itu ada berbagai tahapan dan SDM harus disiapkan," ujarnya.

Baca juga: Komisi II DPR: Tim kerja bersama sepakati jadwal Pemilu/Pilkada 2024

Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan Komisi II DPR akan membahas terkait anggaran yang telah diajukan KPU, Bawaslu, dan DKPP untuk tahapan Pemilu 2024, pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang rencananya akan digelar pada Rabu (9/6).

Menurut dia, ketiga lembaga tersebut sudah mengajukan anggaran untuk pelaksanaan Pemilu 2024 kepada Komisi II DPR namun belum didalami dan diputuskan.

Baca juga: Komisi II DPR usulkan Pemilu 2024 tanggal 6 Maret

"Besok (Rabu, 8/6) akan bahas anggaran, nanti bisa dilihat. Ini bukan hanya untuk anggaran tahun 2022, karena tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan tahun depan. Kami akan segera putuskan karena tahapan Pemilu 2024 akan segera mulai tahun depan," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Azis Syamsuddin tak penuhi panggilan KPK karena isoman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar