Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengungkapkan layanan TelkomGroup di Jayapura telah kembali normal.

“Kapal atau vessel DPL sudah on site di lokasi sejak 31 Mei 2021, di mana proses pengerjaan diawali dengan persiapan dan analisis kondisi alam sekitar. Telkom terus berupaya untuk menyegerakan penyelesaian penyambungan kabel SMPCS sesuai dengan waktu yang ditargetkan agar masyarakat dapat kembali menikmati layanan TelkomGroup dengan nyaman seperti sediakala," ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ririek menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak yang berperan dalam proses penyambungan kabel laut SMPCS, sekaligus kepada pelanggan di Jayapura dan sekitarnya yang tetap setia menggunakan layanan TelkomGroup.

Baca juga: Kadiskominfo Papua sampaikan jaringan telekomunikasi mulai pulih

“Ke depannya Telkom berkomitmen untuk mengakselerasi pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia hingga wilayah 3T, serta selalu memberikan layanan dengan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan termasuk untuk wilayah Papua,” katanya.

Layanan Telkom baik suara maupun data untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya telah kembali normal setelah proses penyambungan kabel laut dari arah Biak/Sorong dan arah Jayapura selesai dilakukan.

Proses penyambungan kedua sisi dan proses penggelaran dengan melakukan pemindahan rute diselesaikan pada 8 Juni 2021, setelah sebelumnya dilakukan pengangkatan kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) dari arah Biak/Sorong dan kabel dari arah Jayapura.

Dengan selesainya proses penyambungan kabel laut arah Biak/Sorong dan arah Jayapura ini maka sejak 8 Juni 2021 pukul 14.00 WIB, layanan di wilayah Jayapura dan sekitarnya serta seluruh Papua kembali normal seperti sediakala.

Sebelumnya, terjadi gangguan telekomunikasi di Jayapura akibat Sistem Komunikasi Kabel Laut milik PT Telkom ruas Biak-Jayapura putus pada 30 April lalu.

Dari hasil investigasi sementara, putusnya kabel laut tersebut diakibatkan oleh faktor alam.

Baca juga: Telkom janjikan pemulihan jaringan di Papua selesai dua hari ke depan
Baca juga: Menkominfo: Putusnya SMPCS tak buat seluruh Papua alami gangguan
Baca juga: Telkom percepat pemulihan kabel laut SMPCS Biak - Jayapura

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021