Merak (ANTARA News) - Jumlah penumpang yang turun di Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon pada hai Lebaran (H1) hanya 1.201 orang saja, dan  angka tersebut jauh berbeda dengan H-1 atau satu hari sebelum lebaran sebanyak 6.060 orang.

"Penumpang yang turun di TTM, kebanyakan adalah pemudik dengan tujuan tak jauh dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung," kata Komandan regu TTM pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Vatoer, Sabtu.

Dia menjelaskan, selain bertujuan mudik, namun ada juga masyarakat yang menyeberang ke Lampung bertujuan berlibur bersama keluarga seperti di obyek wisata alam. "Kebanyakan mereka berlibur ke Lampung orang Banten asli, dengan tujuan wisata alam seperti di Way Kambas, Lampung," katanya mengungkapkan.

Selain itu katanya, ada juga masyarakat yang hendak berlibur di Pantai Duta Wisata, Pantai Tirtayasa, Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, Pantai Pasir Putih dan Menara Siger di wilayah Lampung Selatan.

Sementara itu penumpang yang naik di TTM pada H 1 hanya 1. 459 orang, tujuan mereka kebanyakan ke Kali Deres dan Kampung Rambutan. "Penumpang yang naik dari TTM kebanyakan warga Merak yang hendak bersilaturahmi ke rumah sanak saudaranya di Jakarta," katanya menambahkan.

Untuk bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) masih kata Vatoer, yang beroperasi hanya 3 unit saja, dengan jumlah penumpang yang turun 14 orang dan naik 42 orang.

Di tempat yang sama, pada H 1, penumpang di TTM hanya beberapa saja yang datang ke Posko Kesehatan Dinkes Cilegon untuk mengecek kesehatannya. "Hanya ada beberapa saja, mereka hanya mengalami batuk kecil saja," kata seorang staf Dinkes Cilegon, Syamsie.
(T.ANT-152/J006/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010