Sukabumi (ANTARA News) - Arus lalu lintas dan kendaraan di jalur Sukabumi-Ciawi Sabtu atau "H+1" hingga pukul 13.00 WIB mengalami kemacetan di beberapa titik.

Kemacetan terjadi di beberapa ruas jalan yang menghubungkan jalan menuju tempat wisata seperti di depan objek wisata Taman Angsa di Kecamatan Cicurug-Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, di depan jalan simpang tiga Cibadak yang merupakan jalur utama menuju area wisata Pantai Palabuhanratu-Sukabumi dan di depan pusat ekonomi seperti pasar dan tempat perbelanjaan lainnya.

Kemacetan yang tidak terlalu panjang itu disebabkan oleh keluar- masuknya kendaraan dari tempat wisata.

Kemacetan juga diperparah oleh banyaknya kendaraan bak terbuka dan kendaraan roda dua atau sepeda motor yang mengangkut penumpang menuju tempat wisata.

Namun, arus balik Lebaran itu belum tampak di ruas jalan yang menghubungkan Sukabumi dengan Ciawi.

Untuk mengantisipasi kemacetan panjang di jalur itu, petugas kepolisian dibantu oleh petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi yang mengalihkan sebagian kendaraan yang menuju tempat ke jalur alternatif.

Petugas lalu lintas juga terlihat mengatur arus lalu lintas yang keluar masuk ke tempat wisata dengan cara membuka tutup jalan, sehingga kendaraan yang berasal dari dua arah bisa lancar.

Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Yayan Sopian mengatakan sampai H+1 lebaran ini belum ada peningkatan jumlah kendaraan yang signifikan.

Kemacetan terjadi disebabkan oleh banyaknya kendaraan yang keluar masuk tempat wisata.

"Kendaraan yang masuk dan keluar tempat wisata kita alihkan ke jalur alternatif, sehingga tidak penumpukan kendaraan," kata Yayan.
 (ANT/A024)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010