California (ANTARA News) -Tak hanya di darat, seekor Golden Retriver juga mempunyai kemampuan luar biasa di air. Ricochet, seekor golden retriver berusia dua tahun menjadi pemandu anak-anak cacat bermain seluncur di laut.

Awalnya, anjing betina itu dididik sebagai anjing penjaga. Namun sang majikan, Judy Fridono, menyadari bahwa piaraannya itu tidak cocok menjadi anjing penjaga karena kegemarannya berlarian kesana kemari mengejar burung gereja.

Alhasil, Judy membawanya ke pantai dekat rumahnya di Del Mar, California. Melihat ombak di pesisir yang beriak, tampaknya membuat anjing tersebut girang sehingga langsung menceburkan dirinya ke laut.

"Dari situ, aku mulai mengajarinya tentang keseimbangan dan koordinasi," ujar Judy, sebagaimana dikutip dari laman dailymail. co.uk.

"Kami mulai belajar dari body board di kolam dayung, kemudian setelah bisa, beralih ke surfing. Keseimbangannya bagus sehingga memudahkannya menstabilkan papan luncur bagi anak-anak cacat yang belum pernah berseluncur sebelumnya."

"Dan itu membuat mereka senang karena tahu Ricochet menemani mereka."

Setelah menjadi ahli surfing, Ricochet membantu para anak-anak cacat membangkitkan kepercayaan diri mereka untuk berseluncur, melalui organisasi sosial lokal Adaptive Surfing Foundation.

Tujuan organisasi itu untuk memberi kesempatan pada siapapun, seberapa cacatnya mereka, untuk merasakan sensai berseluncur seperti orang normal lainnya. Tentu saja, Ricochet mengenakan pelampung untuk menjaga keseimbangan serta meyakinkan penampilannya.

Ian McFarland, bocah enam tahun yang mengalami kerusakan otak akibat tabrakan pada 2008 lalu telah merasakan keterampilan berseluncur Ricochet.

Meski dulunya ia sangat gemar bermain papan seluncur, semenjak kecelakaan itu, mengaku sempat gugup saat harus kembali ke air. Namun kini Ian justru kerap menghabiskan waktunya dengan berseluncur di laut bersama Ricochet.

Kisah Ian pun mulai menyebar luas dari satu mulut ke mulut lain. Dan kehebatan Richocet pun mampu menarik para donatur untuk memberi bantuan biaya rehabilitasi Ian sebanyak 5.000 poundsterling.

Majikan Ricochet sendiri mengaku dulunya ia menderita arthritis kronis, namun lambat laun membaik dan sembuh. Keberadaaan Ricochet membangkitkan semangatnya serta menginspirasinya untuk melawan rasa sakit.

"Richocet telah mengajarkanku untuk fokus pada apa yang aku bisa bukan pada apa yang aku tidak bisa lakukan."

Video kehebatan Ricochet pun tersiar hingga seluruh dunia. Videonya di Youtube telah dilihat 2,5 juta kali. Bahkan golden retriever populer itu punya lebih dari 11.000 pengikut di Facebook.
(m-ela/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010