KPU RI apresiasi warga antusias ikuti PSU Kalsel

KPU RI apresiasi warga antusias ikuti PSU Kalsel

Ketua KPU Ilham Saputra dan Forkopimda Kalsel saat meninjau TPS PSUPilkada Kalsel 2020, Rabu (9/6/2021). ANTARA/Antaranews Kalsel.

Banjarmasin (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Ilham Saputra mengapresiasi pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Kalimantan Selatan 2020 yang berjalan aman dan tertib serta pemilih datang dengan antusias ke tempat pemungutan suara (TPS).

Hal itu disampaikan Ilham saat meninjau beberapa TPS bersama rombongan Forkopimda Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Rabu, untuk memastikan petugas di lapangan bekerja sesuai dengan prosedur yang ada, sehingga PSU berjalan dengan baik.

Sebagaimana diketahui, pada Rabu (9/6) 2021, tiga daerah di Kalimantan Selatan melaksanakan PSU untuk memilih gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan.

PSU tersebut di antaranya dilaksanakan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, yang berjalan aman dan tertib dengan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Baca juga: Ketua KPU RI harapkan tidak ada PSU susulan di Pilgub Kalsel

Baca juga: Pj Gubernur Kalsel: Seluruh TPS telah siap laksanakan PSU


Warga yang memiliki hak pilih, juga antusias menyalurkan hak suaranya secara bergantian, dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan yang telah disiapkan panitia di masing-masing TPS.

Seperti halnya di TPS 16 Kelurahan Tanjung Pagar dan TPS 07 Banjar Indah, Kelurahan Pemurus Dalam, secara bergantian warga terlihat antusias mengikuti pelaksanaan PSU ini secara tertib.

Melalui PSU ini warga berharap pemimpin terpilih, dapat membangun Kalimantan Selatan lebih maju lagi dan dapat meningkatkan harapan masyarakat di daerah ini.

"Harapannya nanti yang terpilih bisa membangun banua lebih maju lagi dan bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat lebih baik lagi," kata Seila Desesta, salah seorang pemilih.

PSU dilaksanakan berdasarkan keputusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jum'at, (19/3/) terkait sengketa Pilkada Kalsel 2020 antara pasangan H Sahbirin Noor dan H Muhidin (BirinMu) paslon 1 melawan pasangan H Denny Indrayana dan H Defriadi (H2D) paslon 2.

PSU Pilkada Kalsel 2020 itu sesuai perintah MK pelaksanaannya di Kabupaten Banjar meliputi Kecamatan Sambung Makmur, Martapura, Astambul, Matraman dan Aluh-Aluh, satu Kecamatan di Kota Banjarmasin, yakni, Banjarmasin Selatan serta 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Total TPS yang akan digelar pada 827 titik, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 266.736 jiwa.

Pewarta: Ulul Maskuriah/Latif Thohir
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Petahana unggul sementara di PSU Pilgub Kalsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar