Jenewa (ANTARA News/AFP) - Raksasa semen Swiss, Holcim, pada Senin mengatakan, bahwa Venezuela akan membayar 650 juta dolar (507 juta euro) sebagai pengganti kerugian atau kompensasi untuk nasionalisasi anak perusahaannya di Venezuela.

"Holcim menandatangani sebuah penyelesaian dengan Republik Bolivarian Venezuela menyetujui persyaratan untuk pembayaran kompensasi Venezuela untuk nasionalisasi Holcim Venezuela C.A pada Juni 2008," kata grup itu dalam sebuah pernyataannya.

Dengan perjanjian tersebut, keluhan yang dibawa Holcim ke panel Bank Dunia atas nasionalisasi tersebut telah ditangguhkan,kata grup itu.

Total kompensasi mencapai 650 juta dolar, termasuk 260 juta dolar dalam uang muka yang Holcim telah diterima.

Jumlah yang tersisa akan dibayarkan dalam empat angsuran tahunan, kata gru yang merupakan salah satu produsen semen terbesar di dunia itu.

Peter Gysel, juru bicara grup, menolak memberikan angka untuk jumlah kompensasi aslinya tetapi mengatakan jumlah yang disepakati  lebih rendah dari nilai pasar anak perusahaan.

"Kami pikir itu pasti di bawah nilai pasar wajar. Namun untuk menghindari penundaan lebih lanjut, kami telah memutuskan untuk menerima jumlah ini," kata Gysel kepada AFP.

Pemerintahan pemimpin sayap kiri Hugo Chavez telah menasionalisasi sederetan perusahaan, termasuk di utilitas listrik, baja, jasa minyak dan perbankan.

Bank Spanyol Santander juga telah terimbas nasionalisasi, setelah pemerintah Venezuela memutuskan untuk menasionalisasi Banco de Venezuela, sebuah anak perusahaan dari bank Spanyol.

Holcim pada Agustus lalu menandatangani nota kesepahaman untuk menjual 85 persen Holcim Venezuela kepada pihak berwenang setelah Chavez mengumumkan pada April bahwa ia akan menasionalisasi seluruh industri semen dalam negeri.

Kedua belah pihak kemudian mulai menegosiasikan syarat kesepakatan itu, tapi Holcim mengklaim bahwa pemerintah Venezuela "menghentikan komunikasi" dengan grup itu pada  Oktober.

Holcim membawa kasusnya ke Pusat Internasional untuk Penyelesaian Sengketa Investasi, yang menyelesaikan sengketa hukumdari operasi investasi melalui konsiliasi atau arbitrase.

Produsen semen telah meminta kompensasi yang setara dengan nilai pasar aktiva pada saat nasionalisasi.

Holcim Venezuela membukukan penjualan bersih sekitar 200 juta dolar pada 2007, sekitar satu persen dari omset keseluruhan grup.
(A026/B012)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010