Pariaman (ANTARA News) - Wali Kota Pariaman, Mukhlis R, Senin, meninjau pesta pantai Pariaman di kawasan Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumbar yang sudah digelar sejak hari kedua lebaran.

"Hingga saat ini situasi aman dan terkendali, tidak ada kendala berarti," kata Wali Kota disampaikan Kabag Humas, Jose Rizal, di Pariaman, Senin.

Jose menjelaskan, Wali Kota saat meninjau Pesta Pantai, Wali Kota sempat berdialog dengan pedagang nasi "Sek" dan bakso.

Menurut pada pedagang, katanya, rata-rata pendapatan mereka meningkat dibandingkan tahun lalu.

Kemudian Wali Kota mengecek perahu motor yang membawa penumpang ke Pulau Ansoduo sekitar 15 menit perjalanan dari Pantai Pariaman.

Setelah sempat menikmati hidangan Nasi "Sek", Wali Kota Pariaman bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke pantai Cermin menggunakan kendaraan kereta api bermotor.

Di Pantai Cermin ini terdapat sarana permainan alam "out bound" yang dibuka atas kerjasama Mahasiswa Pencinta Alam STMIK Padang dengan instansi terkait.

Dilihat dari jumlah warga yang berkunjung, diperkirakan miliaran rupiah uang beredar dari transaksi yang terjadi pada pesta pantai yang dikunjungi puluhan ribu orang setiap harinya.

Mayoritas pengunjung datang menggunakan jasa kereta api wisata dari Kota Padang yang melayani 12 kali perjalanan.

Di pesta pantai ini dijumpai banyak arena permainan lainnya seperti permainan rakyat "Buaian Kaliang" maupun permainan modern.

Di Panggung Utama Pantai Gandoriah juga digelar berbagai hiburan dan pentas seni setiap harinya antara pukul 09.00 dan 17.00 WIB.

Kawasan pesta pantai pun dilengkapi dengan pos kesehatan, keamanan, SAR (pencarian dan pertolongan), dan pos informasi yang berfungsi membantu anak-anak yang terpisah dari orang tuanya.

Jose Rizal mengatakan, pos informasi ini sangat bermanfaat karena, selama digelarnya pesta pantai, banyak anak yang terpisah dari orangtuanya dapat dibantu. (ANT-208/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010