Bengkayang (ANTARA News) - Puluhan ruko dikawasan Jalan Pasar Tengah, Kabupten Bengkayang, Kalimantan Barat Ludes terbakar, Selasa malam sekitar pukul 18. 00 WIB. Api diduga bermula sebuah toko elektrokinik milik Kimpek.

Api kemudian membesar dan merembet ke bangunan lainnya. Api yang semakin membesar kemudian dengan ganas melahap mini market, warung kopi, toko sembako dan bangunan lainnya.

Api sulit dipadamkan karena hembusan angin cukup kencang meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Menurut sejumlah saksi mata, api berawal dari sebuah toko elektronik di Pasar Tengah. .

Api dengan cepat membesar dan merambat membakar bangunan disebelahnya. "Api diduga beraal dari toko elektronik," kata Lia, seorang saksi mata. Dalam sekejap puluhan ruko telah dilumat api.

Mobil pemadam kebakaran segera mendatangi lokai untuk menjinak api, Puluhan pedagang berusaha memadamkan api dengan cara menyiramkan air menggunakan ember. Namun usaha para pedagang ini sia - sia karena api bertambah besar.

Sejumlah mobil mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi kejadian. Namun si jago merah sudah terlanjur membesar dan menghanguskan bangunan ruko .

Berkat kerja keras masyarakat dibantu pemadam kebakaran sekitar satu jam kemudian api dapat dikuasai. Banyaknya kerumunan warga membuat para petugas pemadam kebakaran, kerepotan dan tidak bisa bekerja maksimal.

Untuk mencegah adanya penjarahan puluhan petugas Polres Bengkayang diterjunkan ke lokasi kejadian. Pihak kepolisian masih mendata dan meneliti sumber api sebenarnya.(*)
(ANT-169)



Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010