Los Angeles (ANTARA News/AFP) - Para mantan pejabat dari satu kota paling kecil di Amerika Serikat , Rabu, menghadapi tuntutan penyelewengan dana masyarakat karena menggaji diri mereka dengan jumlah yang bahkan bisa membuat Croesus terperangah.

Robert Rizzo, manager kota kecil Bell di California, menggaji dirinya sebanyak 787.000 dolar AS tahun lalu --hampir dua kali gaji Presiden AS Barack Obama-- sekalipun kota yang dikelolanya hanya memiliki 38.000 warga.

Sementara itu, Kepala Polisi Randy Adams memiliki penghasilan 457.000 dolar AS per tahun, hampir dua kali gaji kepala polisi di Departemen Kepolisian Los Angeles, sementara mantan asisten Rizzo --Angela Spaccia-- digaji 336.000 dolar AS per tahun.

Secara keseluruhan delapan pejabat dituntut melakukan penipuan, persekongkolan sipil, menyia-nyiakan dana masyarakat dan pelanggaran kewajiban pegadaian.

"Kami akan mengajukan tuntutan hukum atas nama masyarakat guna memperoleh kembali gaji yang berlebihan yang dikeruk para pejabat Bell dan memastikan pensiun masa depan mereka dikurangi sampai jumlah yang masuk akal," kata jaksa penuntut umum California Edmund Brown.

Tuntutan tersebut menyerukan pengembalian semua ganti-rugi yang berlebihan "dan meminta pengadilan menetapkan tingkat gaji yang layak buat tujuan pensiun," demikian antara lain isi pernyataan dari kantor Brown.

Bell adalah daerah pinggiran yang dihuni oleh orang keturunan Latin dari kelas pekerja dan berada sekitar 10 kilometer di sebelah selatan pusat kota Los Angeles.

Itu adalah kotapraja paling miskin di wilayah Los Angeles.

Croesus adalah Raja Lydia dari 560 sampai 564 SM, sampai ia dikalahkan oleh Persia pada sekitar 547 SM. Di dalam kebudayaan Yunani dan Persia nama Croesus menjadi sinonim buat orang kaya. Kekayaan Croesus melegenda dan di dalam bahasa Inggris, ungkapan seperti "rich as Croesus" atau "richer than Croesus" digunakan untuk menunjukkan kekayaan yang berlimpah. (C003/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010