Jakarta (ANTARA News) - Satu perusahaan perancang program bernama "Haystack" yang didesain agar orang Iran bisa menerobos larangan pemerintah dalam berinternet, menarik lagi perangkat lunaknya, di tengah kekhawatiran keamanan yang mengancamnya.

"Kami menangguhkan kelanjutan pengujian Haystack di Iran menunggu pengkajian keamanan," kata HaystackNetwork.com dalam sebuah pernyataan singkat. "Jika Anda memiliki salinan program pengujian, silakan hentikan penggunaan program itu."

Austin Heap, pendiri Censorship Research Center (CRC) yang berbasis di San Francisco dan pengembang Haystack, juga membahas kekhawatiran mengenai keamanan program tersebut di website pribadinya, AustinHeap.com.

"Baru-baru ini, telah terjadi perdebatan hebat dalam komunitas keamanan mengenai transparansi dan keamanan Haystack," kata Heap. "Kami percaya bahwa poin-poin dalam perdebatan itu sahih."

"Kami telah menghubungi para pengguna Haystack untuk berhenti menggunakan program ini," katanya. "Kami tak akan melanjutkan uji coba sampai kajian dari pihak ketiga selesai dan masalah keamanan dibahas secara terbuka dan transparan."

Pernyataan Haystack itu untuk menghadirkan Internet aman dan tak bersaring untuk orang Iran yang terpengaruh sensor pemerintah.

CRC merilis Haystack menyusul sengketa Pilpres Iran tahun lalu yang memungkinkan Iran berselancar di Web dan berkomunikasi secara anonim. (*)

AFP/Adam/Jafar

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010