Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap dua calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Busyro Muqodas dan Bambang Widjojanto, bisa memperbaiki kinerja KPK.

"Presiden berpesan bahwa Pak Busyro Muqodas dan Pak Bambang Widjojanto agar nanti siapapun yang terpilih di DPR tentu diharapkan akan melakukan perbaikan dan menjalankan tugas seperti harapan rakyat dalam lembaga yang akan dipimpin," kata Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha setelah pertemuan antara Presiden dan dua calon pimpinan KPK itu di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis.

Julian menyatakan, harapan rakyat terhadap KPK sangat tinggi. Oleh karena itu, pimpinan KPK yang baru diharapkan bisa memenuhi harapan masyarakat dengan meningkatkan kinerja dan hasil kerja lembaga pemberantas korupsi itu.

Menurut Julian, pertemuan antara Presiden Yudhoyono dan dua calon pimpinan KPK itu hanya silaturahim biasa.

Dia menegaskan, pertemuan itu bukan bentuk intervensi pemerintah kepada calon pimpinan KPK.

Pertemuan itu, kata Julian, justru menjadi bentuk perhatian Presiden terhadap upaya pemberantasan korupsi yang adil, sesuai ketentuan yang berlaku.

Menurut Julian, Presiden juga mengucapkan selamat kepada kedua calon pimpinan KPK. Menurut dia, pemerintah menganggap keduanya adalah calon terbaik.

Salah satu calon pimpinan KPK, Busyro Muqodas mengatakan, Presiden berharap pimpinan KPK terpilih bisa menjaga kebersihan diri, berbudaya kerja, dan menghindari konflik kepentingan.

"Saya dan mas Bambang memahami dan menerima harapan itu dengan baik," kata Busyro.

Busyro menyatakan, pertemuan itu atas inisiatif Presiden. Dia mengaku mendapat undangan dari Presiden beberapa hari sebelumnya.

Dia juga menegaskan, tidak ada intervensi apapun dalam pertemuan itu.

"Tidak perlu khawatir, sama sekali tidak ada titipan dari siapapun," kata Busyro.

Hal yang diungkapkan oleh Bambang Widjojanto. Materi pertemuan sama sekali tidak terkait dengan intervensi pemerintah, katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menerima dua calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Busyro Muqodas dan Bambang Widjojanto, di Kantor Kepresidenan, Jakarta.

Busyro dan Bambang diterima oleh Presiden sekitar pukul 11.00 WIB. Dalam pertemuan itu, Presiden didampingi oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Presiden, Busyro, dan Bambang sempat foto bersama sebelum memasuki ruang pertemuan.

Di dalam ruang pertemuan, Presiden Yudhoyono sempat berbincang sebentar dengan Bambang dan Busyro sebelum memulai pertemuan yang berlangsung tertutup itu.

Busyro Moqodas dan Bambang Widjojanto adalah dua calon yang diloloskan oleh panitia seleksi calon pimpinan KPK. Keduanya akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR pada Oktober mendatang.

Kemudian, DPR akan menentukan salah satu dari keduanya sebagai pimpinan KPK, menggantikan Antasari Azhar.(*)

(F008*P008/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010