Madrid (ANTARA News) - Juara Barcelona bertandang ke kandang tim yang belum terkalahkan Atletico Madrid, Minggu, untuk adu kekuatan pada kompetisi Liga Spanyol (La Liga) musim 2010/11 dan kedua tim sama-sama akan memperjuangkan gelar.

Barcelona mengalahkan Panathinaikos 5-1 Selasa pada kejuaraan Liga Champions dan berharap kembali bangkit dalam laga liga setelah sebelumnya dihenyakkan tim yang baru dipromosikan Hercules, 0-2, sebagaimana dikutip dari AFP. 

Atletico merupakan satu-satunya tim yang mengalahkan Barcelona pada musim lalu menang 2-1 di Vicente Calderon dan penyandang gelar Liga Eropa itu sudah mengantongi enam poin dan berada di puncak klasemen.

Atletico sejauh ini menampik berbicara tentang gelar juara kompetisi dan Lionel Messi yang dalam kondisi bagus mencetak dua gol ketika melawan Panathinaikos. Pemain berusia 23 tahun itu merupakan pemain pencetak gol terbanyak dengan 27 gol dalam kompetisi Liga Champions, bersama Bercelona.

Messi disebut-sebut sebagai pemain terhebat di planet ini dan pemain bertahan Gerard Pique tertawa ketika diminta membandingkannya dengan pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo.

"Membandingkan (Cristiano) Ronaldo dan Messi adalah hal absurd," kata Pique, "Sekarang tidak ada yang perlu diperdebatkan. Messi menunjukkan kiprah hebat setiap hati dan tidak ada yang perlu diperdebatkan."

Atletico memiliki dua striker bagus dan berpengalaman, pemain dari Uruguay Diego Forlan dan teman mudanya Sergio "Kun" Aguero.

Forlan, terpilih sebagai pemain terbaik dalam Piala Dunia, menempati urutan atas pencetak gol dengan tiga gol dan prima turun lapangan tetapi pemain Argentina, Aguero (22) dikhawatirkan tampi dalam laga Barclona.

"Saya tidak memastikan apakah Kun (Aguero) akan bermain atau tidak," kata teman setimnya Raul Garcia, "Ia pemain penting dan akan dipastikan apakah dapat turun atau tidak."

Bila Atletico menang, mereka akan unggul enam poin atas juar Barcelona yang saat ini berada di urutan kesembilan dengan simpanan tiga poin.

"Atletico sudah memenangi laga Liga Eropa, Piala Super Eropa dan dua laga awal di kompetisi liga, jadi pasti sulit menghadapi mereka," kata pemain tengah Barcelona, Andres Iniesta.

"Mereka memiliki pemain internasional yang hebat dan merupakan salah satu tim terbaik Eropa saat ini," katanya.

Pelatih Real Madrid Jose Mourinho sedang mengincar kemenangan tandang pertama Sabtu ketika mereka berkunjung ke kandang tim yang belum terkalahkan, Real Sociedad.

Tim asuhan Mourinho itu sedang menanjak posisinya setelah menang tipis 1-0 atas Osasuna di Santiago Bernabeu tetapi kemenangan mengesankan 2-0 Rabu pada laga Liga Champions melawan Ajax, membuat perhatian tertumpah pada tim itu.

Real harus memenangi lebih banyak pertandingan dan dalam tiga laga mereka belum pernah kemasukan gol, di bawah asuhan Mourinho.

"Saya gembira tim kami mendapatkan gol," kata penjaga gawang Iker Casillas, "Kami amat fenomenal ketika melawan Ajax dan penjaga gawang mereka amat hebat karena dapat menahan begitu banyak peluang yang kami ciptakan."

Real mengumpulkan empat poin dari enam pertandingan sedangkan tim yang baru dipromosikan Sociedad, yang berada di urutan runner-up setelah Real dalam perburuan gelar 2003, di bawah mereka dengan selisih gol berbeda.

Pada pertandiangan lain, Valencia berharap meneruskan awal permainan mereka yang bagus pada musim ini dengan menahan Hercules setelah kemenangan atas Barcelona di Camp Nou.

Tim yang baru dipromosikan, Hercules, akan menjadi tuan rumah bagi Valencia, Minggu, dan dan berusaha mendapatkan maksimum poin setelah menang 4-0 di Bursaspor pada laga pembuka Liga Champions, Selasa.

Sedangkan tim urutan ketiga Sevilla, dengan simpanan empat poin dari enam laga, akan berkunjung ke Malaga, Minggu, dalam usaha mempertahankan prestasi belum terkalahkan.

Pelatih Sevilla Antonio Alvarez memilih tidak menurunkan striker asal Brazil Luis Fabiano dan striker itu berbicara kepada medaia.

"Rasanya sakit sekali berada di bangku cadangan dan saya tidak terbiasa seperti itu," kata Fabiano.

Di papan bawah, tim promosi Levante dan Racing Santander -- dua tim yang masih belum memiliki poin-- berharap dapat memenangi pertandingan mereka mendatang.

Levante menjadi tuan rumah atas Villarreal Minggu sedangkan Santander menjamu Real Zaragoza, juga pada laga Minggu.

Jadwal pertandingan :

Sabtu

Espanyol v Almeria (1700 GMT), Real Mallorca v Osasuna (1700 GMT) Sporting Gijon v Athletic Bilbao (1900 GMT), Real Sociedad v Real Madrid (2100 GMT)

Minggu - all 1600 GMT unless stated

Hercules v Valencia, Levante v Villarreal, Racing Santander v Real

Zaragoza, Atletico Madrid v Barcelona (1800 GMT), Malaga v Sevilla (2000 GMT)

Senin

Deportivo La Coruna v Getafe (2000 GMT).
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010