Artikel

Preview Euro 2020: Polandia vs Slowakia

Oleh Jafar M Sidik

Preview Euro 2020: Polandia vs Slowakia

Para pemain Polandia ambil bagian dalam sesi latihan di Arena Gdansk di Gdansk, Polandia, menjelang pertandingan melawan Slowakia, dalam Grup E Euro 2020 pada 13 Juni 2021. (AFP/JANEK SKARZYNSKI)

Jakarta (ANTARA) - Polandia berusaha memupus catatan tak meyakinkan dalam menjalani laga pertama turnamen besar ketika ditantang tim lebih lemah Slowakia dalam pertandingan Grup E di St. Petersburg, Rusia, Senin malam 23.00 WIB nanti. Kemenangan bakal mengendurkan beban karena dua pertandingan berikutnya sungguh berat, mesti menghadapi Spanyol yang favorit juara dan juga Swedia.

Bek Slowakia Milan Skriniar akan ditugaskan menghentikan striker Polandia Robert Lewandowski yang bernafsu membuktikan kualitiasnya dalam turnamen besar setelah berjaya bersama Bayern Muenchen pada tingkat klub. Lewandowski adalah pencetak gol pertama dalam putaran final 2012 dan mengantarkan Polandia ke perempat final Euro 2016.

Baik Lewandowski maupun Skriniar berperan besar dalam sukses klubnya masing-masing pada musim 2020/2021. Skriniar mengantarkan Inter Milan menjuarai Serie A dengan catatan kebobolan sedikit sekali, sedangkan Lewandowski membawa lagi Bayern menjuarai Bundesliga yang disandingkan dengan rekor pencetak gol terbanyak.

Slowakia juga bakal menggantungkan dukungan dari dua gelandang kreatif Piotr Zielinski dan Marek Hamsik. Yang terakhir ini adalah kapten Slowakia yang turut mengantarkan negara ini ke 16 besar Piala Dunia 2010.

Jika skuad Polandia diisi oleh nama-nama besar, termasuk penjaga gawang Juventus Wojciech Szczesny dan bintang Euro 2016 Grzegorz Krychowiak, maka senjata rahasia Slowakia adalah pengetahuan mereka terhadap sepak bola Polandia, di luar pemain-pemain bintang yang memperkuat lawannya itu.

Penjaga gawang Dusan Kuciak dan bek Lubomir Satka adalag pemain-pemain yang berkiprah dalam liga utama Polandia, sedangkan Lukas Haraslin dan Ondrej Duda pernah bermain di Polandia sebelum hijrah ke liga-liga top Eropa.

Mereka juga bisa menarik manfaat dari beban besar Polandia dalam menghapus keraguan tampil meyakinkan dalam laga pembuka.

Sejauh ini Polandia gagal menang dalam lima dari enam laga pembukanya dalam turnamen besar pada abad ke-21 kendati sering dijagokan menang.

 
Penyerang sekaligus kapten tim nasional Polandia Robert Lewandowski (kanan) berusaha mengendalikan bola di bawah kejaran bek sayap Islandia Gudmundur Thorarinsson dalam laga pemanasan menjelang EURO 2020 di Stadion INEA, Poznan, Polandia, Selasa (8/6/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Kacper Pempel)


Sedangkan Slowakia akan menginjak lapangan Stadion Saint Petersburg dengan status underdog yang malah membuatnya lebih enteng menjalani laga dan bermain lebih lepas ketimbang Polandia yang juara grup kualifikasi yang dituntut melepaskan sial dalam laga pembuka.

Kemungkinan line-up (laman UEFA EURO 2020)
Polandia: Wojciech Szczesny; Bartpsz Bereszynski, Kamil Glik, Jad Bednarek; Kamil Jozwiak, Grzegorz Krychowiak, Jakub Moder, Tymoteusz Puchacz; Mateusz Klich, Piotr Zielinski; Robert Lewandowski

Slowakia: Martin Dubravka; Peter Pekarík, Lubomir Satka, Milan Skriniar, Tomas Hubocan; Juraj Kucka, Jakub Hromada; Lukas Haraslin, Marek Hamsik, Robert Mak; Ondrej Duda

Baca juga: Austria imbang 0-0 lawan Slovakia di pemanasan terakhir sebelum EURO
Baca juga: Polandia dipersulit Islandia dalam pemanasan terakhir jelang EURO 2020

Selanjutnya skenario pertandingan

Oleh Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar