Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Indonesia U-16 siap menghadapi Timor Leste pada pertandingan perdana Kejuaraan AFF U-16 di Stadion Manahan Solo, Senin mendatang.

"Anak-anak siap menghadapi pertandingan perdana itu. Dalam persiapan terakhir yang terpenting bagi kami adalah bagaimana menanamkan semangat juang ke-Indonesia-an dalam laga internasional ini," ujar Pelatih Mundari Karya ketika dihubungi, Sabtu.

Mundari mengatakan faktor mental dan fisik merupakan hal terpenting di samping pemantapan taktik dan teknik menjelang laga bergulir dan Sabtu pagi para pemain digembleng di lapangan Kota Barat Solo.

"Banyak pemain yang belum sepenuhnya sadar bahwa mereka sedang menggunakan kostum berlambang Garuda dan berjuang membela nama bangsa di dunia internasional. Jadi, mereka masih berasa pemain daerah yang bermain di kompetisi lokal," ujarnya.

Pertandingan Indonesia melawan Timor Leste akan digelar mulai pukul 18:00 WIB setelah Vietnam melawan China.

Dikatakannya, usai liburan saat menghadapi Hari Raya Idul Fitri baru-baru ini para pemain harus mengembalikan kondisi fisik seperti keadaan semula. Menurunnya kondisi itu terlihat seperti ketika melakukan ujicoba melawan Persis Junior U-18 pada Jumat kemarin.

"Saya optimis dalam waktu dua hari ke depan kondisi pemain sudah fit untuk menghadapi laga perdana melawan Timor Leste. Yang menurun hanya kondisi fisik saja, secara prinsip dan visi permainan tidak ada masalah," ungkap Mundari Karya.

Walau begitu Mundari menyatakan hal ini hanya masalah waktu. Atmosfer tinggi saat uji coba melawan Persis cukup memberi pelajaran bagi anak asuhnya, terutama dalam mengontrol emosi saat menghadapi tekanan pertandingan yang tinggi dan disaksikan oleh sekitar 2.000 penonton.

Mundari pun mengharapkan dukungan suporter yang positif dapat diberikan kepada tim untuk memperkuat rasa percaya diri pemainnya saat berlaga nanti.


Jadwal AFF U-16 Championship 2010:

- Senin, 20 September 2010

15:30 WIB, China vs Vietnam

18:00 WIB, Indonesia vs Timor Leste


- Rabu, 22 September 2010

15:30 WIB, Timor Leste vs China

18:00 WIB, Vietnam vs Indonesia



 Jumat, 24 September 2010

15:30 WIB, Vietnam vs Timor Leste

18:00 WIB, Indonesia vs China.(*)
(ANT-132/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010