Merak (ANTARA News) - Ribuan pemudik arus balik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung masih memadati Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon, mereka umumnya hendak ke Jakarta, dan Bandung.

"Diprediksi Senin dini hari ini pemudik yang dari Lampung akan habis. Dan kami sudah mendatangkan bus cadangan untuk memberangkatkan mereka, jika terjadi penumpukan penumpang," kata Kasubag TTM pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Chandra Tika Putranto, Senin dini hari.

Dia menjelaskan, penumpang yang baru turun dari kapal ferry di Pelabuhan Penyeberangan Merak, rata-rata adalah penumpang dengan tujuan Kampung Rambutan dan Kali Deres, Jakarta.

"Pemberlakukan rute bus cadangan tergantung situasi dan kondisi. Kami akan memberangkatkan bus sesuai dengan banyaknya penumpang," katanya menjelaskan.

Terpisah, salah seorang penumpang dengan tujuan Kampung Rambutan, Netty Herawati mengaku, ia bersama suami dan mertuanya sengaja berangkat dari Lampung pada malam hari, dengan alasan untuk menghindari kemacetan di jalan.

"Kami memang sengaja berangkat dari rumah usai shalat isya tadi, karena sepanjang jalan di Lampung macet dengan bus wisata dan kendaraan pribadi," katanya menjelaskan.

Selain itu masih menurut Netty, untuk menghindari penumpukan di dalam Terminal Merak, yang diprediksi akan memadati di akhir arus balik lebaran ini. "Ternyata sama saja, sudah di Terminal Merak dini hari gini ribuan penumpang masih berjubel dan harus berebut masuk bus," katanya mengungkapkan.

Senada dijelaskan oleh Kirman. Dia mengaku kepulangannya dari kampung halaman pada dini hari untuk menghidari kemacetan dan antri mendapatkan bus ke Kali Deres.

"Ternyata prediski saya salah, walaupun sudah lewat pukul 01. 00 WIB dini hari masih banyak pemudik di Terminal Merak," katanya mengungkapkan. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010