Gubernur Jatim Khofifah nyatakan maju sebagai calon ketua umum IKA UA

Gubernur Jatim Khofifah nyatakan maju sebagai calon ketua umum IKA UA

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berbincang dengan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi usai Upacara Hari Lahir Pancasila beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim/FA)

Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan kesediaannya sebagai calon ketua umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA-UA) masa bakti 2021-2025.

"Benar, saya juga mendaftar setelah silaturahim dengan teman-teman di jam-jam terakhir," ujar Khofifah ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa.

Penegasan Khofifah seperti tertuang dalam surat pernyataan kesediaan sebagai calon ketua umum IKA UA yang ditandatangani di atas materai tertanggal 14 Juni 2021.

Khofifah merupakan alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unair, tepatnya di studi S1 Ilmu Politik pada tahun 1984-1991.

Baca juga: IKA FKM Unair nilai kebijakan tes COVID-19 massal di Surabaya tepat

Baca juga: Rektor Unair: jangan sebar informasi berpotensi ciptakan kegaduhan


Karirnya di politik, Khofifah pernah mengemban amanah sebagai wakil rakyat di DPR RI, kemudian menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan RI pada pemerintahan Presiden Gus Dur dan Wakil Presiden Megawati.

Lalu, pada masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla, Khofifah juga dipercaya menjabat sebagai Menteri Sosial RI.

Kemudian, sejak Februari 2019 hingga sekarang, Khofifah terpilih sebagai Gubernur Jatim setelah terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018 yang didampingi Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak.

Saat ini ia juga masih tercatat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama.

Sementara itu, Ketua IKA FISIP Unair Andik Fadjar Tjahjono ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya mendukung siapapun yang akan terpilih melalui pemilihan secara demokratis.

"Tapi sudah pasti saya pribadi mendukung Ibu Khofifah. Namun, pemilihan demokratis akan tetap berjalan," kata pria yang saat ini menjabat Sekretaris DPRD Jatim tersebut.

Selain Khofifah, beberapa nama lain yang sudah mendaftar adalah Ketua Umum Real Estate Indonesia Totok Lusida, lalu ada juga staf ahli Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Komisaris Independen Bank Syariah Mandiri Dimas Oky Nugroho.

Sesuai jadwal, kongres X IKA UA akan diselenggarakan pada 2 Juli 2021 hingga - 3 Juli 2021 di Surabaya dengan memperebutkan 118 suara.*

Baca juga: Puluhan dokter IKA Unair berikan pengobatan gratis ratusan warga Sidoarjo-Jatim

Baca juga: Asman Abnur: Jangan libatkan IKA Unair ke politik

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gubernur Jatim akan terbitkan SK Perpanjangan PPKM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar