Latihan manuver F-16 TNI AU dan USPACAF AS diawali terbang pengenalan

Latihan manuver F-16 TNI AU dan USPACAF AS diawali terbang pengenalan

TNI Angkatan Udara dan United States Pacific Air Force (USPACAF) Amerika Serikat gelar latihan bersama. ANTARA/HO-Pemprov Riau

Latihan bersama dilakukan dengan delapan pesawat tempur F-16
Pekanbaru (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dan United States Pacific Air Force (USPACAF) Amerika Serikat (AS) mengawali latihan teknik bermanuver bersama dengan terbang familiarisasi (pengenalan).

"Latihan dengan sandi Cope West 2021, dilaksanakan di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru. Terbang familiarisasi ini falcon flight, panther flight dan rage flight flight sudah dimulai sejak kemarin," kata Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel (Pnb) Jajang Setiawan selaku Direktur Latihan Cope West, di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, terbang familiarisasi dilakukan bertujuan untuk mengetahui alternate aerodrome dan visualisasi area latihan.

Selain itu, terbang familiarisasi sekaligus untuk mengenali ketinggian-ketinggian, seperti perbukitan, menara pemancar, dan lainnya yang ada di areal latihan bersama Cope West 2021.

"Latihan bersama dilakukan dengan delapan pesawat tempur F-16 dari TNI-AU dan USPACAF Amerika Serikat. Sementara pesawat tempur multirole tersebut berasal dari Skuadron Udara 3 Lanud Iswahjudi dan 13th Fighter Squadron Mizawa AFB Jepang," katanya lagi.

Ia mengatakan, Cope West 2021 merupakan ajang latihan para penerbang pesawat tempur F-16 TNI AU-USPACAF. Tujuannya, setiap penerbang kedua negara saling berbagi ilmu dan berbagi pengalaman, untuk meningkatkan profesionalitas para penerbang kedua negara bersahabat ini.
Baca juga: Marinir Indonesia dan Amerika lepas 150 tukik
Baca juga: Marinir Indonesia dan AS latihan pembebasan sandera

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar