Jakarta (ANTARA News) - Pengusaha Sandiaga Salahhuddin Uno (41) mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2010-2015 dalam sebuah seremoni di gedung Djakarta Teater di Jakarta, Selasa malam.

Acara itu dihadiri Menteri Perindustrian MS Hidayat, yang sebelumnya juga Ketua Umum Kadin Indonesia, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Abdul Latief, Menteri Pertambangan dan Energi jaman Orde Baru Prof Soebroto, sejumlah ketua kadin provinsi, dan pengusaha.

Ibu Sandiaga, pengusaha Mien Uno, serta istrinya Nur Asia juga hadir untuk memberikan dukungan.

Dengan slogan "Indonesia Setara", Sandiaga menyatakan ingin membawa Indonesia menuju kesetaraan dengan menjadikan Kadin Indonesia sebagai kekuatan untuk melakukan konsolidasi dalam menggarap potensi, meningkatkan daya saing dan memeratakan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Ekonomi Indonesia besar, tapi tidak kuat. Potensi bangsa ini besar, tapi belum tergarap. Kadin harus menggiring dunia usaha meningkatkan aktifitas ekonomi bernilai tambah dan meningkatkan partisipasi ekonomi pengusaha kecil dan menengah," katanya.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM itu juga mengemukakan langkah-langkah yang akan ditempuh untuk mewujudkan misinya menjadikan Indonesia setara dengan negara lain.

Misi itu, katanya, akan dicapai dengan memperkuat manajemen organisasi Kadin, memperkuat asosiasi dan himpunan pengusaha, melakukan revitalisasi lembaga Kadin, menciptakan iklim usaha kondusif bagi pelaku usaha nasional dan daerah, mendorong pembangunan infrastruktur serta memperluas dan menguatkan jaringan internasional.

Abdul Latief menyatakan dukungannya terhadap Sandiaga dan konsep yang dia tawarkan mengenai Indonesia Setara dan pengembangan UMKM.

Sementara Hidayat mengatakan,Sandiaga memiliki modal besar untuk maju dalam pemilihan ketua umum Kadin dengan latar belakang pendidikan, pengalaman di dunia usaha, visi, dan semangat untuk menang yang dimiliki.

"Saya doakan semoga sukses," katanya.

Sang ibu, Mien Uno, juga memberikan dukungan penuh kepada putranya untuk bersaing dalam pemilihan ketua umum Kadin.

"Saya berharap dia bisa berjuang di Kadin, bukan karena dia anak saya, tapi supaya ada alih generasi saja. Saya berharap dia dikasih amanah. Saya mendukung dengan doa," katanya.

Sandiaga adalah lulusan Wichita State University dan George Washington University di Amerika Serikat itu.

Dia merupakan salah satu pendiri perusahaan investasi PT Saratoga Investama Sedaya dan perusahaan keuangan PT Recapital Advisor, serta saat ini menduduki kursi pimpinan di sejumlah perusahaan.

Sejak tahun 2004, orang terkaya ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes itu menjadi Komite Tetap Bidang UMKM pada Kadin Indonesia.

Pria yang hingga tahun 2009 tercatat menduduki jabatan direksi pada sejumlah perusahaan itu selama 2005-2008 menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).(*)
(T.M035/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010