Hujan diprakirakan turun di sebagian wilayah Indonesia

Hujan diprakirakan turun di sebagian wilayah Indonesia

Arsip Foto. Warga mengendarai motor menerobos hujan di Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (7/4/2021). (ANTARA FOTO/RAHMAD/hp)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat turun di sebagian wilayah Indonesia pada Jumat (18/6) siang.

Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di wilayah Yogyakarta, Jambi, Surabaya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Manokwari, Manado, dan Palembang sedangkan wilayah Serang, Bandung, dan Kendari berpeluang menghadapi hujan dengan intensitas sedang.

Hujan lebat diprakirakan mengguyur wilayah Gorontalo dan hujan disertai petir berpotensi meliputi wilayah Bengkulu, Gorontalo, Banjarmasin, dan Pangkal Pinang.

Kota Denpasar, Jakarta Pusat, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Ambon, Mamuju, dan Padang diprakirakan berawan sedangkan wilayah Kota Banda Aceh, Samarinda, Tarakan, Kupang, Jayapura, Pekanbaru, Makassar, dan Medan menurut prakiraan cuaca cerah berawan.

BMKG menyampaikan peringatan dini perihal potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalaimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawei Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah Jambi, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara juga menghadapi potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Baca juga:
Hujan disertai petir diprakirakan meliputi tiga ibu kota provinsi
BMKG memperingatkan hujan lebat bisa memicu banjir di 17 provinsi


Pewarta: Indriani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG: cuaca ekstrem dipicu peningkatan gas rumah kaca

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar