Jakarta (ANTARA News) - Kepala Eksekutif Dell Inc, Michael Dell, memamerkan tablet baru 7 inci dan mengatakan bahwa Dell sudah dalam jalur untuk meraup pendapatan lebih dari 60 miliar miliar tahun ini.

Dell hadir pada konferensi Oracle OpenWorld di San Francisco pada Rabu dengan tablet barunya, yang menggunakan perangkat lunak Google Android. Namun ia menolak memberikan spesifikasi perangkat tersebut.

Perusahaan itu meluncurkan Streak, tablet berukuran lima inci bulan lalu. Dell mengatakan Streak saat ini hanya tersedia di toko online perusahaan, dan akan tersedia di toko Best Buy bulan depan.

Dell juga mengatakan pendapatan perusahaan naik sekitar 20 persen selama dua kuartal terakhir, dan "sepertinya kita akan melakukannya lagi pada kuartal ini."

Analis memperkirakan Dell akan melaporkan pendapatannya senilai 15,8 miliar dolar pada fiskal kuartal ketiga yang akan berakhir pada Oktober, menurut Thomson Reuters. Pendapatan itu akan menjadi 22 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

Wall Street mengharapkan Dell mengumumkan pendapatannya senilai 62.4 miliar dolar pada tahun fiskal ini yang berakhir Januari depan.

Mendorong Tablet

Eksekutif Dell sebelumnya mengatakan perusahaan akan meluncurkan tablet dalam ukuran layar yang lebih besar.

Streak, beroperasi dengan Android dan berfungsi ganda sebagai ponsel pintar dengan harga 549,99 dolar, atau 299,99 dolar tapi terikat kontrak dua tahun dengan AT & T.

Dell adalah pembuat komputer terbesar nomor dua di dunia, berdasarkan pengamat industri IDC, tetapi Dell telah memperluas portofolio produknya dengan penekanan pada perangkat ponsel. iPad Apple telah menjadi standar untuk komputer tablet.

Banyaknya tablet akan memukul pasar pada bulan-bulan mendatang, seperti penawaran dari Samsung, Hewlett-Packard dan Toshiba.

BMO Capital Markets mengharapkan penjualan tablet diatas 40 juta unit pada 2011 tapi merugikan penjualan notebook dan netbook.

Saham Dell jatuh 1,8 persen dan ditutup pada 12,38 dolar di Nasdaq, demikian Reuters.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010