New York (ANTARA News) - Pasar saham Amerika Serikat mencapai tingkat tertinggi mereka dalam empat bulan pada Jumat waktu setempat, karena data ekonomi bervariasi menawarkan para pedagang secercah harapan bahwa ekonomi Amerika menguat.

Rally, Jumat, yang memperlihatkan kenaikan indeks Dow Jones hampir dua persen, menutup keuntungan empat minggu berturut-turut karena sentimen positif terhadap ekonomi naik sementara kekhawatiran resesi ganda (double-dip) mereda.

Sebuah rally awal yang kuat bertahan sepanjang hari setelah angka yang dikeluarkan sebelum bel pembukaan menunjukkan pesan untuk item barang-barang besar menurun pada Agustus pada tingkat lebih lambat dari yang diharapkan.

Namun pedagang menemukan kenyamanan dalam kenyataan, itu tidak termasuk peralatan transportasi, sebagian besar suku cadang, pesanan barang seperti peralatan rumah tangga naik lebih dari dua persen yang diperkirakan bulan lalu.

Industri manufaktur dipandang sebagai salah satu mesin utama yang menarik ekonomi AS dari salah satu resesi terburuk dalam beberapa dasawarsa.

Laporan itu "menunjukkan revisi naik yang solid untuk angka bulan sebelumnya dan setelah melepaskan keluar komponen volatile, permintaan untuk barang-banrang dimaksud untuk yang bertahan lebih dari tiga tahun adalah menguat pada Agustus," kata para analis Charles Schwab.

Saham sedikit dipengaruhi oleh berita kurang positif bahwa penjualan rumah AS datar pada Agustus, mendekati terendah dalam sejarah.

"Orang-orang menyetujui untuk penerimaan skenario bahwa resesi ganda perekonomian global tidak dijamin itu mungkin, tapi pada saat yang sama waktu kita tidak tumbuh semua itu sehat. Data telah bervariasi tetapi tidak semua buruk, sehingga orang sedikit lebih percaya diri," kata Dan Greenhaus, kepala ekonom strategi pada Miller Tabak.

Dow Jones Industrial Average melompat 197,84 poin (1,86 persen) menjadi 10.860,26 pada penutupan perdagangan, sedangkan indeks S&P 500 yang lebih luas naik 23,84 poin (2,12 persen) menjadi 1.148,67 poin.

Indeks komposit teknologi Nasdaq naik 54,14 poin (2,33 persen) menjadi 2.381,22 didukung kenaikan 6,88 persen di saham pembuat microchip Advanced Micro Devices (AMD).

Sebuah survei yang mengukur kepercayaan bisnis Jerman menunjukkan peningkatan mengejutkan pada tingkat yang terakhir terlihat pada pertengahan-2007, menunjukkan perlambatan diperkirakan tidak akan berarti kembali ke resesi di ekonomi terkemuka Eropa.

Di antara saham dalam fokus, saham Nike melonjak hampir empat persen setelah laporan laba kuartalannya melebihi harapan dengan kenaikan laba bersih sembilan persen dan pendapatan naik delapan persen menjadi 5,18 miliar dolar.

Saham raksasa telekomunikasi Motorola melonjak 3,58 persen setelah mengusulkan pemecahan nilai saham untuk membangun harga saham sebelum pemisahan yang direncanakan perusahaan akhir tahun ini.

Pasar obligasi menurun karena pedagang merasa yakin di pasar saham.

Hasil pada obligasi Treasury 10-tahun AS naik menjadi 2,612 persen dari 2,555 persen pada Kamis, sedangkan pada obligasi 30-tahun naik menjadi 3,793 persen dari 3,733 persen. Hasil dan harga obligasi bergerak dalam arah yang berlawanan, demikian AFP.

(A026/A027/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010