Jakarta (ANTARA News) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia Houston menyatakan syuting film "Eat Pray Love" semakin mompopulerkan Indonesia di AS dan akan menjadikan Pusat Kebudayaan Indonesia di Houston AS sebagai sentra promosi seni budaya Indonesia di Houston.

Konsul Jenderal RI di Houston, Al Busyra Basnur dalam keterangan tertulis, Sabtu, menyebutkan, Pusat Kebudayaan Indonesia KJRI Houston dibangun pada 1997.

Lokasi itu akan menjadi sentra promosi seni budaya Indonesia di wilayah kerja KJRI Houston yang meliputi New Mexico, Oklahoma, Texas, Arkansas, Mississipi, Alabama, Tennessee, Georgia, Florida, Lousiana, Persemakmuran Puerto Rico, dan Pulau Virgin.

Busyra menyebutkan, Pusat Kebudayaan Indonesia KJRI Houston, Texas, sering dikunjungi warga sekitar yang ingin mengenal Indonesia, misal pada 24 September 2010, sekitar 60 orang terdiri dari siswa dan orang tua siswa Homeschoolers Houston.

Mengutip pernyataan Pimpinan Homeschooler Houston, Emilia Younge, Busyra mengatakan bahwa mereka mencari Indonesia karena ingin tahu lebih banyak dan mengenal Indonesia dari dekat di usia lebih awal.

KJRI Houston menyiapkan paket acara terpadu antara lain menampilkan seni budaya Indonesia berupa tari, musik interaktif yaitu bermain angklung bersama, dan penyajian makanan tradisional Indonesia.

"Indonesia populer di mata masyarakat AS, apalagi setelah syuting film Eat Pray and Love dilakukan di Bali beberapa waktu lalu. Semakin banyak saja masyarakat di sini tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang Indonesia," kata Busyra.(*)

A039/Y006/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010