Artikel

Skenario perebutan sisa tiket 16 besar Euro 2020

Oleh Gilang Galiartha

Skenario perebutan sisa tiket 16 besar Euro 2020

Trofi Piala Eropa UEFA 2020 di Kings Cross Station di London pada 4 Juni 2021 ANTARA/AFP/Niklas Halle'n

Jakarta (ANTARA) - Setelah dua putaran pertandingan penyisihan grup Euro 2020 dimainkan, tiga tim yakni Italia, Belgia dan Belanda sudah memastikan tempat di babak 16 besar.

Dari ketiganya, Belanda, sudah dipastikan menjadi pemuncak klasemen akhir Grup C, apapun hasil pertandingan pemungkas mereka di fase penyisihan grup.

Dengan demikian, masih ada 13 tiket tersisa yang diperebutkan ketika rangkaian pertandingan pemungkas fase grup dimainkan mulai Minggu malam nanti s.d. Kamis (24/6) dini hari WIB.

Tim debutan turnamen Makedonia Utara menjadi satu-satunya tim yang dipastikan tidak berpeluang untuk lolos ke babak 16 besar.

Pasalnya Makedonia yang punya nol poin di dasar Grup C kalah head-to-head meski masih bisa menyamai raihan poin Ukraina atau Austria.

Sementara lima tim yang saat ini berada di grup-grup lain secara matematis masih berpeluang untuk lolos ke babak 16 besar memperebutkan tiket lewat jalur empat peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup, tentunya dengan berbagai syarat dan ketentuan yang akan menjadi lebih rumit.

Berikut adalah skenario lengkap perebutan sisa tiket babak 16 besar Euro 2020 berdasarkan tiap grup:

Grup A

Yang sudah lolos: Italia (6 poin)
Yang masih berpeluang lolos: Wales (4), Swiss (1) & Turki (0)
Yang sudah tersingkir: -
Jadwal pertandingan penutup: Italia vs Wales & Swiss vs Turki

Italia menjadi tim pertama yang meraih tiket babak 16 besar setelah mengalahkan Swiss 3-0 pada Rabu (16/6). Italia yang menjamu Wales dalam laga pemungkas di Roma pada Minggu (20/6) malam nanti, hanya butuh hasil imbang untuk mengunci status juara Grup A.

Baca juga: Manuel Locatelli antar Italia ke babak 16 besar

Hasil imbang di laga tersebut juga akan memastikan langkah Wales ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A, tanpa peduli hasil Swiss vs Turki di Baku. Jika menang, Wales akan lolos ke babak 16 besar selaku juara Grup A didampingi Italia sebagai runner-up.

Baca juga: Wales bertekad kalahkan Italia demi 16 besar

Kemenangan Italia atas Wales jelas diharapkan Swiss, yang masih berpeluang lolos sebagai runner-up Grup A jika mengalahkan Turki. Syaratnya Swiss harus bisa mengejar ketertinggalan selisih gol defisit tiga yang saat ini mereka miliki dibandingkan surplus dua kepunyaan Wales, mengingat kedua tim secara head-to-head bermain imbang.

Baca juga: Swiss harus lupakan kekalahan dari Italia jika ingin maju

Sedangkan Turki hanya berpeluang lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup. Tapi untuk bisa meraih hal tersebut, Turki wajib menang dengan marjin telak atas Swiss, mengingat mereka saat ini punya selisih gol defisit lima.

Baca juga: Turki berharap keajaiban hadapi Swiss di laga pamungkas

Halaman selanjutnya: Grup B, C dan D

Oleh Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar