Kebakaran Besar Hanguskan Kampus Universitas Riau

Kebakaran Besar Hanguskan Kampus Universitas Riau

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kebakaran besar di gedung kampus Magister Manajemen (S2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau, Kota Pekanbaru, Riau, Senin (27/9). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA News) - Kebakaran besar menghanguskan gedung kampus Magister Manajemen (S2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau di Jalan Pattimura, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin dini hari.

Berdasarkan pantauan ANTARA, bangunan kampus yang berbentuk huruf "U" itu musnah terbakar hingga menyisakan puing-puing. Kebakaran hebat itu terjadi sekitar pukul 02.30 WIB, dan meluluh-lantahkan belasan ruangan di kampus itu.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran besar tersebut. Penyebab kebakaran dan kerugian materi juga belum bisa dipastikan.

Ruangan yang terbakar antara lain kantor Jurusan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan Jurusan Sosiologi. Kemudian empat ruangan kelas serta ruang perpustakaan dan jurnal ikut ludes terbakar. Selain itu, ruang S1 nonreguler yang berada di satu bangunan kampus tersebut juga hangus dalam kebakaran.

Menurut kesaksian Irwansyah (41), seorang pegawai yang menjaga gedung, api pertama terlihat di ruang S1 nonreguler yang akrab disebut warga kampus dengan ruang ekstensi. Ruangan itu terletak di bagian Timur bangunan kampus.

Ia mengatakan dirinya bersama seorang petugas kebersihan kampus yang bernama Syafrudin berusaha memadamkan kebakaran dengan racun api. Namun usaha itu sia-sia karena hembusan angin pada saat kejadian sangat kencang.

"Kami pakai racun api tapi tidak mempan karena tiupan angin membuat api cepat membesar," ujarnya.

Petugas pemadam kebakaran juga terlihat kesulitan memadamkan kebakaran akibat terkendala angin kencang, meski hujan deras sempat mengguyur Pekanbaru pada saat yang sama. Mereka hanya mampu melokalisir kebakaran agar tak merambat ke gedung lainnya.

Gedung kampus S2 Universitas Riau di Jalan Pattimura merupakan bangunan lama, sebelum sebagian besar kegiatan kampus dipindahkan ke bangunan baru di daerah Panam, Pekanbaru. Kebakaran besar juga pernah melanda kampus tersebut pada April 2007. (F012/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Risiko rendah, Sumbar ingin wujudkan nol karhutla

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar