Menhub harap STIP jadi pelopor peningkatan kompetensi SDM maritim RI

Menhub harap STIP jadi pelopor peningkatan kompetensi SDM maritim RI

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam tangkapan layar webinar 'Mengenal Lebih Dekat Magister Terapan STIP Jakarta', pada Senin (21/6). (Adimas Raditya)

Saya selaku pribadi berharap STIP dapat jadi pelopor peningkatan kompetensi SDM maritim Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menjadi pelopor kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) maritim Indonesia.

"Saya selaku pribadi berharap STIP dapat jadi pelopor peningkatan kompetensi SDM maritim Indonesia," kata Menhub Budi Karya dalam webinar "Mengenal Lebih Dekat Magister Terapan STIP Jakarta," Senin.

Menhub Budi Karya mengatakan untuk mewujudkan visi Presiden Jokowi menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, membutuhkan SDM yang berkompeten, inovatif, kreatif, dan berdaya saing secara internasional.

Menurut dia, perguruan tinggi maritim seperti STIP Jakarta memiliki peran penting dalam menciptakan SDM yang dapat diandalkan untuk mewujudkan konektivitas dan keselamatan pelayaran.

Menhub menambahkan peresmian Program Magister Terapan oleh STIP Jakarta, yang memiliki dua (2) Program Studi (Prodi) yakni Prodi Pemasaran, Inovasi dan Teknologi serta Prodi Teknik Keselamatan dan Resiko merupakan wujud konkret komitmen Kemenhub dalam menyiapkan SDM transportasi yang unggul, profesional, dan berkompetensi.

Baca juga: Kemenristekdikti: SDM maritim sangat diperlukan

"STIP Jakarta telah menghasilkan lulusan terbaik di bidang transportasi laut di seluruh Indonesia. Harapannya akan terus meningkatkan kualitas," ujar Menhub.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) Wikan Sakarinto mengatakan Program Magister Terapan STIP Jakarta diharapkan menghasilkan lulusan yang kompeten dan unggul, serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Pihaknya meyakini pendirian Program Studi di Magister Terapan tersebut sudah sesuai dengan yang dibutuhkan dengan dunia kerja sektor transportasi.

"Dengan pendirian program studi tersebut, kami yakin sudah link and match dengan stakeholders dan industri," kata Wikan.

Ia menambahkan dengan Program Magister Terapan yang baru diluncurkan tersebut akan dapat memajukan dunia perhubungan di Tanah Air.

Baca juga: Pengamat: Poros Maritim Dunia harus dahulukan SDM kelautan perikanan

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menhub akan buktikan kecemerlangan Pelabuhan Anggrek Gorontalo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar