Tiga pilar Jakpus dirikan posko bersama di Monas kendalikan COVID-19

Tiga pilar Jakpus dirikan posko bersama di Monas kendalikan COVID-19

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat memberi arahan di Posko Bersama Tiga Pilar yang didirikan di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (21/06/2021). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

posko bersama ini didirikan untuk memperoleh data yang sama, sehingga dapat dirumuskan terkait kebijakan yang sesuai untuk penanganan COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat bersama Polres Metro Jakarta Pusat dan Kodim 0501/Jakarta Pusat mendirikan posko bersama tiga pilar, salah satunya untuk mengendalikan kasus penularan COVID-19 yang angkanya terus mengalami kenaikan.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan selain sebagai titik kumpul tiga pilar, posko bersama ini didirikan untuk memperoleh data yang sama, sehingga dapat dirumuskan terkait kebijakan yang sesuai untuk penanganan COVID-19.

Baca juga: Dishub DKI batasi jam operasional angkutan umum selama PPKM Mikro

"Kita ingin mendapatkan data yang sama, sehingga ketika data sama, kita bisa merumuskan langkah strategi apa untuk mengintervensi berdasarkan data yang ada," kata Dhany di Posko PPKM Tiga Pilar Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut Dhany, data kasus COVID-19 di lapangan seringkali berbeda dengan data dari fasilitas kesehatan.

Oleh karena itu, tiga pilar akan mengambil data Komite Pengendalian COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (​KPC PEN) sebagai rujukan, kemudian dikombinasikan dengan data dari fasilitas kesehatan, seperti RS dan Wisma Atlet, sehingga menjadi satu data yang digunakan untuk pengambil kebijakan.

Baca juga: Seluruh warga RT 11/09 Kayu Putih telah sembuh dari COVID-19

Senada dengan itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes. Pol. Hengki mengatakan posko ini diharapkan dapat efektif, terutama dalam penegakan protokol kesehatan. Dari fase preemtif, Kepolisian terus mengedukasi masyarakat agar kesadaran mereka soal penerapan prokes bisa meningkat.

"Kemudian sisi preventif, kita melakukan patroli bersama, termasuk 'preventive justice', apabila dalam patroli itu ada pelanggaran, bagaimana memberikan efek jera kepada pelanggar," kata Hengki.

Baca juga: Ketua DPD RI serukan pemilik kafe patuhi aturan PPKM di Jakarta

Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief mengatakan posko ini sebagai kontrol pengendalian COVID-19 untuk seluruh jajaran di Jakarta Pusat.

"Nantinya juga ada posko lainnya di tingkat kecamatan, kelurahan, bahkan tingkat RT/RW, sehingga data-data di lapangan yang diberikan ke kita, akan menjadi langkah penanganan tepat," kata Luqman.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kota Padang mulai aktifkan 6 posko penyekatan di perbatasan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar