Jakarta (ANTARA News) - Tim angkat besi nasional berhasil meraih jatah lima atlet menuju Olimpiade di Inggris tahun 2012 setelah mengumpulkan nilai 91 pada kejuaraan dunia di Turki 18 hingga 26 September 2010.

"Jatah lima atlet menuju Olimpiade di Inggris setelah tim angkat besi meraih medali perunggu melalui Eko Juli Irawan, Triyatno masuk ranking 5, Hasbi ranking 8, Yadi Setiyadi (9), Sumaryanto (15)," ujar mantan atlet angkat besi nasional, Hadi Wiharja di Jakarta, Senin.

Pada nomor putri, kata Hadi, tim angkat besi nasional belum menghasailkan jatah menuju Olimpiade 2012 karena nilai yang diraih hanya mencapai 44 yang disumbangkan oleh Citra masuk ranking 4, Niluh Sinta (6). Adapun Lisa tidak bisa turun karena kelebihan berat badan. Begitu juga dengan Betty Febriani.

Guna mengejar angka yang bisa meraih jatah menuju Olimpiade tahun 2012 tuturnya, tim putri harus tampil sekali lagi di kejuaraan dunia yang akan digelar di Perancais, November 2011. Begitu juga dengan atlet putra bila ingin menambah jatah menuju Inggris tahun 2012.

Hadi menyayangkan, saat menurunkan atlet putri kejuaraan dunia, pelatih salah strategi yaitu ketika menampilkan Lisa di kelas 53 kg yang kelebihan berat badan saat turun dalam pertandingan. Dengan begitu di kelas tersebut langsung didiskualifikasi atau tidak bisa tampil dalam pertandingan.

Begitu juga dengan Betty Febriani yang juga gagal menyuguhkan medali terbaiknya saat tampil di kejuaraan dunia. Melalui pengalaman tersebut, katanya dapat dijadikan pelajaran berharga baik bagi pelatih maupun manajer saat menurunkan atletnya di kejuaraan dunia maupun lainnya agar mampu meraih sukses bagi Merah-Putih.

Atas prestasi yang dimiliki ujarnya, tim angkat besi putri saat turun di kejuaraan dunia berada di peringkat 24, sedang di putra mampu menduduki ranking delapan besar dunia. Semua itu menunjukkan perkembangan atlet putra saat ini lebih menonjol dibanding tahun sebelumnya.

Ketika angkat besi diberi kesempatan tampil di Olimpiade Athena tahun 2004 atlet putri masih mendominasi menyuguhkan medali perunggu melalui Lisa Rumbewas, namun sejak tahun 2008 di di Beijing atlet putra memperlihatkan tajinya ketika Eko Juli Irawan dan Triyatno mengukir medali perunggu.

"Mudah-mudahan di Inggris tahun 2012, Eko dan Triyatno mampu menyuguhkan prestasi terbaiknya bagi kontingen Indonesia setelah meraih jatah menuju Olimpiade melalui kejuaraan dunia di Turki," tambahnya.

(ANT-131/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010