Auxerre, Prancis (ANTARA News/AFP) - Gol menjelang pertandingan berakhir dari pemain cadangan Angel di Maria membawa tim asuhan Jose Mourinho Real Madrid meraih kemenangan tipis 1-0 atas Auxerre dalam pertandingan babak grup Liga Champions, Selasa waktu setempat.

Tim tamu mendominasi pertandingan dalam hal penguasaan bola dan wilayah tetapi seperti ditakdirkan akan mengalami hasil imbang tanpa gol untuk ketiga kalinya musim ini hingga di Maria menyarangkan bola sembilan menit menjelang usai.

Pemain sayap Argentina itu, yang menggantikan Lassana Diarra pada babak kedua, mencuri di depan Benoit Pedretti untuk mengambil umpan dari sayap kanan dengan dadanya dan kemudian menyarangkan tendangan setengah voli dengan kaki kiri ke sudut bawah kanan gawang.

Hingga saat itu Auxerre bertahan dengan tenang dan mereka hampir memimpin beberapa saat sebelum intervensi di Maria, namun sundulan bek tengah Real Pepe membentur gawang dan memantul kembali ke lapangan.

"Ada beberapa pertandingan sebelumnya di mana kami menciptakan sekitar 15 peluang tetapi tidak mencetak gol, seperti di Mallorca atau di Levante," kata Mourinho, yang timnya ditahan tanpa gol di kandang Levante pada Sabtu.

"Semua orang mengatakan bahwa kami tidak pantas menang karena kami tidak mencetak gol. Malam ini, jika semua orang menjadi pragmatis, kami mencetak gol sehingga pantas meraih kemenangan."

Setelah menang 2-0 di kandang Ajax pada pertandingan pertama mereka, Real memimpin Grup G dengan enam poin, namun tiga poin di Stade Abbe-Deschamps yang padat itu, tampak jauh dari formalitas tim sembilan kali juara Eropa tersebut.

Tim asuhan Jean Fernandez secara mengejutkan berada di urutan ketiga dalam Liga Utama Prancis musim lalu dan formula serangan balik mereka yang terbangun rapi terbukti sulit ditembus oleh lawan mereka.

Setelah menguasai babak pertama, Real menghadapi kenyataan semakin sulit untuk mendapatkan peluang pada babak kedua.

Cristiano Ronaldo duakali mendekat dalam tempo satu menit, namun tendangan bebas khasnya ditepis oleh Olivier Sorin dan sundulannya melewat mistar gawang, namun secara umum ia mengalami malam yang membuat frustrasi.

Hanya kurang dari empat menit Auxerre membuat fans tuan rumah tegang.

Saat berusaha mengelakkan bola langsung Delvin Ndinga, kiper Real Iker Casillas hanya berhasil menamparnya kearah Dennis Oliech tetapi pemain asal Kenya itu tidak mampu menguasai bola sebelum bola melintasi garis untuk ditendang dari gawang.

Oliech gagal menerima umpan silang Steeven Langil beberapa saat kemudian, tetapi setelah itu tim tuan rumah mengatur pertahanan di sisi lapangan Auxerre.

Tembakan Ronaldo langsung kearah Sorin, Diarra duakali menembak luput dari target dan tembakan Gonzalo Higuain dielakkan dari garis gol oleh Kamel Chafni.

Sorin juga bekerja dengan baik untuk mendorong tendangan voli dari Marcelo setelah pemain kiri belakang asal Brazil itu melompat menuju umpan Xabi Alonso.

Di tengah hujan peluang tersebut, sundulan Ndinga hanya beberapa inci dari gawang Casillas yang berasal dari tendangan bebas Pedretti, dan Pedretti dan Dariusz Dudka menguji pemain nasional Spanyol itu pada menit-menit menjelang jeda pertandingan.

Peluang pertama pada babak kedua juga jatuh ke tangan Auxerre, tetapi pemain cadangan yang masuk pada babak kedua Ireneusz Jelen melakukan tendangan yang melebar setelah mendapat umpan dari Pedretti. (F005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010