Piala Eropa 2020

Dalic senang Kroasia lolos, siap hadapi siapa pun dalam 16 besar

Dalic senang Kroasia lolos, siap hadapi siapa pun dalam 16 besar

Pelatih Zlatko Dalic. ANTARA/REUTERS / Carlos Barria.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Kroasia Zlatko Dalic sangat senang telah membawa tim asuhannya lolos ke babak gugur Piala Eropa 2020 setelah gol paruh kedua Luka Modric dan Ivan Perisic membantu mereka menang 3-1 atas Skotlandia di laga Grup D pada Selasa.

Di Hampden Park, kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan untuk melaju ke babak 16 besar dan setelah Callum McGregor menyamakan gol pembuka Nikola Vlasic untuk Kroasia, Modric menyarangkan bola ke gawang dari jarak jauh dan Perisic menyegel kemenangan dengan sundulannya.

Runner-up Piala Dunia 2018 itu menampilkan permainan yang jauh lebih baik setelah kekalahan 0-1 dari Inggris dan imbang 1-1 melawan Republik Ceko.

"Selamat kepada anak-anak atas performa luar biasa yang mendorong kami ke babak gugur dan kami sekarang akan siap siapapun yang menantang kami di 16 besar," kata Dalic seperti di Glasgow seperti dikutip Reuters.

"Hal terpenting adalah kami akan mendapati para fan kembali karena kami akan jauh lebih kuat dengan mereka menyoraki kami dari tribun."

Kroasia, yang akan menghadapi runner-up Grup E di Kopenhagen pada Senin, mendapat dukungan sejumlah pendukung mereka yang hadir di London dan Glasgow saat peraturan karantina Covid-19 mencegah banyak dari mereka bepergian ke Inggris.

Baca juga: Ringkasan Grup D: walau telat panas, Kroasia susul Inggris dan Ceko

Media Kroasia berspekulasi bahwa Dalic akan ditendang dari perannya apabila tim gagal lolos, akan tetapi pelatih berusia 54 tahun itu lega melihat para pemainnya menyajikan permainan terbaiknya ketika dibutuhkan.

"Kami kompak dan meskipun membiarkan Skotlandia kembali ke permainan lebih larut di paruh pertama, kami mengadakan pembicaraan saat turun minum dan tak pernah panik," kata dia.

"Hanya soal waktu sebelum kami mencetak gol kedua dan apa yang merupakan gol yang fantastis oleh Luka, luar biasa bagaimana ia menjaga performa di level ini. Saya bangga memiliki dia sebagai kapten tim."

Modric sangat emosional setelah gocekan individual yang cantik mengingatkan performanya di Piala Dunia 2018.

"Setelah penampilan malam ini, kami mampu meninggalkan lapangan dengan bangga bahkan apabila kami kalah," kata Modric kepada televisi nasional Kroasia HRT.

"Gol yang saya buat sangat berarti bagi saya dan saya senang itu membantu kami menang, tapi hal terpenting adalah seluruh tim berperan."

Baca juga: Southgate yakin Inggris akan lebih baik lagi di babak 16 besar

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar