Manado (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara memberikan bantuan kepada pemuka agama Islam di daerah itu sebagai bentuk dukungan mereka dalam melaksanakan tugas keagamaan.

"Pemkot memberikan bantuan sebesar Rp500 ribu bagi 197 imam masjid yang ada di Kota Manado, yang diberikan dalam bentuk dana bantuan triwulan," kata Penjabat Wali Kota Manado, Robby Mamuaja di Manado, Kamis.

Mamuaja menjelaskan, pemberian dana tersebut sudah dilakukan selama beberapa tahun terakhir dan yang berhak menerimanya untuk tokoh agama Islam adalah para imam yang sudah mempunyai Surat Keputusan (SK) dari kantor Kementerian Agama.

Untuk pemberian dana bulan September 2010, pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp98,5 juta khusus bagi para imam, dan diserahkan lewat Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kota Manado, kata Mamuaja.

Bahkan wali kota juga mengatakan akan mengusulkan penambahan besaran anggaran bantuan bagi para pemuka agama yang ada di Kota Manado, baik dari Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha hingga Konghucu di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2010.

"Kami akan mengusulkan agar nantinya dana untuk para pemuka agama bisa ditingkatkan lagi dan akan kami usulkan nantinya di APBD induk tahun 2010, sekitar Rp1,5-Rp2 miliar" kata Mamuaja.

Sementara itu, anggota Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Amir Liputo mengatakan, jika Pemkot memang mengusulkan tambahan dana bantuan bagi para pemuka agama dalam APBD 2011, akan diperjuangkan.

"Sebab mereka adalah pemimpin agama, jadi tugas mereka pasti akan kami dukung mengingat selama ini mereka yang berjasa memberikan pelayanan religius kepada warga Manado, sudah pasti akan kami perjuangkan," kata Liputo.

Bahkan ia mengakui, akan diusahakan menjadi bantuan tetap walaupun itu diambil dari pendapatan asli daerah (PAD) murni ataupun dari dana APBD, yang pasti akan didukung penuh badan anggaran DPRD.

Bukan hanya untuk tokoh agama Islam, tetapi Liputo mengatakan mereka akan memperjuangkan dana bantuan bagi tokoh semua agama di Manado, sebagai penghargaan dan dukungan atas kerja mereka selama ini. (ANT-113/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010